Kehabisan Stok Spare Part, Kenali Komponen Subtitusi Mini Klasik

Kompas.com - 04/10/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Rover Mini Cooper alias Mini klasik merupakan salah satu mobil lawas yang memiliki banyak penggemar. Diproduksi sekitar tahun 1959 hingga 2000, hingga saat ini Mini klasik masih bertahan.

Aria Aradhea, anggota sekaligus penasihat Jakarta Morris Club (JMC), mengatakan, spare part Mini klasik sampai sekarang masih diproduksi oleh pabrikannya.

Spare part masih bisa dicari, untungnya sekarang internet sangat baik, jadinya masih bisa pesan barang dari luar negeri. Spare part secara umum dari luar semua, karena kita enggak ada yang produksi,” ujar Aria, kepada Kompas.com (4/10/2022).

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Alasan MotoGP Saat Ini Jarang Saling Menyalip

Mini Cooper klasik model wagon yang ikut meramaikan HUT ke-25 Jakarta Morris Club di TMII, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Mini Cooper klasik model wagon yang ikut meramaikan HUT ke-25 Jakarta Morris Club di TMII, Jakarta Timur, Minggu (16/9/2018).

Meski begitu, bagi Anda penggemar Mini klasik yang kehabisan stok komponen, bisa mengakali dengan melakukan subtitusi spare part dengan mobil dari merek lain.

“Spare part copotan ada beberapa, tapi komponennya sedikit sekali yang bisa dipakai dari mobil lain. Yang bisa diakali ada beberapa, mungkin di sistem pengereman, kalau internal engine enggak ada,” ucap Aria.

Menurutnya, selain pengereman, komponen yang bisa diakali adalah ban. Lingkar roda buat Mini klasik kabarnya bisa menggunakan ban kepunyaan Suzuki Carry ataupun Daihatsu Ceria.

Baca juga: Nissan dan Mitsubishi Bikin Mobil Listrik Mungil Harga Murah

Meski begitu, pemasangan ban dari tipe mobil lain pada Mini klasik enggak bisa sembarangan. Harus memperhatikan juga dengan pelek yang diusung, serta sisa luas ruang fender.

“Kalau ban lokal kayaknya masih ada yang produksi ban 10 inci atau 12 inci, cuma ukurannya yang agak sedikit berbeda, enggak sesuai dengan standar aslinya. Profilnya beda, lebih tebal sedikit dan lebar sedikit,” kata Aria.

“Selain Carry angkot dan Daihatsu Ceria, Wuling Air EV profil bannya juga sama seperti Mini yang ban 12 inci dengan ukuran 145/70,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.