Tarikan Mesin Mobil Tiba-tiba Ngempos, Coba Periksa Ini

Kompas.com - 02/10/2022, 14:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarikan mesin atau yang disebut dengan tenaga mesin ini memang akan sangat terasa ketika mengalami penurunan performa. Mobil seakan mengalami hilang tenaga, padahal pedal gas sudah diinjak-injak.

Kejadian seperti ini sering terjadi ketika mobil sedang melaju pada kecepatan tertentu, namun ketika ingin menambah kecepatan atau mempertahankan kecepatan, tiba-tiba kecepatan mobil malah turun.

Hal itu tentu saja membuat pengendara panik, karena mobil bekerja tidak sesuai dengan harapan pengemudi. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi pada tarikan mesin yang ngempos ini?

Baca juga: Tarikan Mesin Berat, Pilih Remap ECU atau Memaksimalkan Standar?

Sejumlah kendaraan keluar dari pintu Tol Cisumdawu di wilayah Sumedang kota. AAM AMINULLAH/KOMPAS.comKOMPAS.COM/AAM AMINULLAH Sejumlah kendaraan keluar dari pintu Tol Cisumdawu di wilayah Sumedang kota. AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan kejadian tarikan ngempos memang mengkhawatirkan karena kejadiannya ketika mobil sedang melaju, penyebabnya juga banyak namun yang paling sering bisa dihapal.

“Kejadian tarikan mesin ngempos atau hilang tenaga ini ya banyak, tapi kalau yang munculnya tiba-tiba biasanya pompa bensin dan seputar kelistrikan, karena komponen kelistrikan bisa kapan saja bermasalah oleh pemakaian baik karena guncangan atau panas dari mesin,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (1/10/2022).

Dia mengatakan salah satu penyebab terikan mesin yang ngempos tiba-tiba adalah pompa bensin atau fuel pump.

Baca juga: Tips Agar Tarikan Mobil Mesin Diesel Jadi Lebih Enteng

Test drive All New Honda BR-V. 

Dok. KOMPAS.com/Ruly Test drive All New Honda BR-V.

“Pompa bensin bisa menjadi salah satu penyebabnya, karena logikanya tarikan mesin akan ngempos ketika supali bahan bakar tidak sesuai, perlu diperiksa sih dari saluran yang pampat, saringan kotor, atau pompa lemah, pompa lemah pun bisa dipengaruhi dari aki yang tekor,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan bila kejadian ngempos tersebut terjadi pada waktu tertentu saja, maka sebaiknya periksa aki karena hampir semua mobil-mobil modern dibekali pompa bahan bakar yang mengandalkan daya listrik dari aki.

“Ketika aki ini sudah jelek, dalam artian daya listrik yang dihasilkan tidak stabil, bisa kurang dari 10 volt maka kerja pompa bensin pasti kacau, pasti membuat tarikan menjadi loyo bahkan mogok tiba-tiba,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Alasan Kenapa AC Berpengaruh pada Tarikan Mesin Mobil

Test Drive Hyundai Stargazer Malang, BatuKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test Drive Hyundai Stargazer Malang, Batu

Dia mengatakan ketika datang ke tukang aki perlu meminta untuk memeriksa pengisian aki dan kondisi aki yang bersangkutan. Dengan demikian, akan ketahuan juga apakah ada penyebab lain yang membuat aki tekor.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.