Kompas.com - 02/10/2022, 11:01 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Salah satu cara menciptakan suasana nyaman selama perjalanan adalah membuat kabin mobil lebih nyaman. Karena itu, biasanya pemilik mobil menambahkan parfum berbagai model dengan tujuan kabin lebih segar dan harum. 

Ada pilihan-pilihan parfum seperti model yang di tempel di dashboard, di letakkan pada kisi-kisi AC, dan digantung di spion tengah. 

Dari ketiganya, menawarkan keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Termasuk di antaranya risiko dan dampak buruk. 

Masalah serius berpotensi terjadi jika salah dalam menempatkan parfum. Terutama parfum model gantung, nomor satu adalah visibilitas pengemudi yang dapat terganggu.

Belum lagi, jika yang digunakan parfum dengan wadah botol, kaca mobil bisa retak atau bahkan pecah. 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, memilih parfum mobil pertimbangannya dilihat dari bahan pembuatan, aroma, dan terakhir bisa memperhatikan model yang kaitannya dengan aspek risiko dan keselamatan. 

"Aroma berkaitan dengan kenyamanan, bau yang menyengat membuat pusing dan mual. Banyak yang pilih bahan baku alami karena lebih rileks. Kalau poin risiko keselamatan bisa berkaitan model dan penempatan, posisi menaruh parfum jika asal kan dampaknya ke visibilitas," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (2/10/2022). 

Baca juga: Boleh Tidak AC Dinyalakan saat Memanaskan Mesin Mobil

Dia mencontohkan, penggunaan parfum mobil model gantung apalagi dari wadah botol tentu ada risiko wadah berbenturan keras dengan kaca. Kemudian, botol kaca juga berpotensi membiaskan cahaya, sehingga mudah menyilaukan mata. 

Parfum gantung model botolDicky Aditya Wijaya Parfum gantung model botol

Fokus pengemudi juga bisa terpecah, terlebih lagi jika benturan botol parfum dan kaca terus-menerus terjadi. Pastinya, konsentrasi akan terbagi dengan harus memegang dan mengawasi botol parfum. 

"Konsentrasi buyar itu tadi yang berbahaya, apalagi parfum berbenturan kaca tiba-tiba pas lagi fokus-fokusnya sama jalan. Refleks pengemudi dalam kondisi kaget itu yang bisa menyebabkan kecelakaan," kata dia. 

Untuk itu, Sony menyarankan, sebaiknya pilih parfum mobil dengan model kertas yang cenderung lebih aman dan nilai plusnya aromanya bisa lebih tahan lama. 

Baca juga: Ini Perbedaan Mobil Mild Hybrid dengan Full Hybrid

Tak hanya parfum, aksesoris apapun yang di gantung atau di letakkan dekat area kaca berpotensi mengganggu jarak pandang berkendara. Hal itupun dilarang di beberapa negara, sebab dinilai berbahaya dan membahayakan keselamatan lalu lintas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.