Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa AC Berpengaruh pada Tarikan Mesin Mobil

Kompas.com - 09/10/2021, 11:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di negara tropis yang memiliki suhu panas seperti Indonesia, pemakaian Air Conditioner (AC) tentu dibutuhkan, terutama pada saat mengendarai mobil.

Namun, beberapa orang mengeluhkan kendala yang sering dijumpai salah satunya yakni tarikan mesin menjadi berat ketika AC dihidupkan.

Baca juga: Vinales Lego Atribut Yamaha yang Masih Tersisa

Situasi ini dinilai wajar oleh beberapa ahli otomotif, Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ketika AC mobil dinyalakan maka akan sedikit mempengaruhi kinerja mesin.

"Itu benar, karena kompresor AC bekerja dengan putaran mesin melalui belt, sehingga kalau mesin menyala mesin akan terbebani dengan bekerjanya kompressor tersebut," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Pasalnya, kinerja AC memang berhubungan langsung dengan mesin mobil.

Cara Kerja Freon AC MobilRotarybintaro.co.id Cara Kerja Freon AC Mobil

Mesin memutar kompresor AC dari pulley kruk as yang tersambung dengan van belt yang menyambung ke altenator, water pump, dan kompresor AC. Jika AC bermasalah, maka kinerja mesin akan lebih berat lagi.

Pada kompressor AC juga diperlukan pelumasan, untuk itu disarankan untuk mengganti oli kompresor AC yang lebih bagus sehingga kerja mesin akan lebih ringan.

Baca juga: Catat, Ini 10 Lokasi di Jakarta yang Bakal Terapkan Tarif Parkir Mahal

Untuk itu diperlukan juga perawatan terhadap kompressor AC sehingga tidak terlalu membebani kinerja mesin. Disarankan juga untuk mengganti oli kompresor AC yang lebih bagus sehingga kerja mesin akan lebih ringan.

Oli kompressor AC disarankan untuk diganti setiap 20.000 kilometer atau setahun sekali. Oli kompresor biasanya sudah terdapat pada freon, jika freon yang disuntikkan berupa gas maka oli kompresor juga harus berbentuk gas.

Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkalawikipedia Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala

Untuk itu, dalam mengganti oli kompresor AC mobil harus benar-benar diperhatikan takaran dan jenis atau spesifikasinya. Ini dilakukan untuk menghindari oli berubah menjadi material keras dan bisa membuat baret kompresor.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Gatot Soebroto

"Karena AC dan mesin mesin merupakan dua hal yang berhubungan, maka perlu juga memperhatikan AC agar mesin juga lebih enak," ucap Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com