Apakah Benar Mobil Diesel Modern Masih Bisa Masuk Angin?

Kompas.com - 01/10/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Istilah masuk angin sudah jadi penyakit yang menghantui pemilik mobil diesel generasi lama. 

Namun, penyakit masuk angin mungkin tak begitu berlaku di telinga pengguna mobil diesel common rail

Pada mesin diesel lawas, umumnya gejala masuk angin ditandai dari  mobil yang sulit saat akan di starter, terutama ketika pagi hari. 

Teknisnya, tangki bahan bakar terisi udara lantaran tidak full. Artinya, mobil diesel lawas kerap masuk angin karena kebiasaan dalam mengisi bahan bakar yang tidak penuh atau terlambat. 

Baca juga: Ini Bahayanya Netralkan Transmisi Mobil Matik Saat Turunan

Akibatnya, ruang tersebut terisi oleh udara yang selanjutnya terhisap oleh pompa bahan bakar saat mesin dinyalakan. Udara ini kemudian masuk ke ruang bakar dan membuat solar tidak bisa dimampatkan.

Pada era penggunaan mobil diesel common rail, spekulasi bahwa masuk angin bisa terjadi tetap saja ada, lalu apakah benar demikian? 

Mekanik bengkel resmi Toyota melakukan perawatan berkala. Sesuai jadwal perawatan rekomendasi pabrikan Toyota, pemilik kendaraan wajib mengikuti prosedur servis 6 bulan. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Toyota melakukan perawatan berkala. Sesuai jadwal perawatan rekomendasi pabrikan Toyota, pemilik kendaraan wajib mengikuti prosedur servis 6 bulan.

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, perbedaan mencolok mesin diesel common rail dan konvensional berbeda pada pompa bahan bakar. 

"Mobil diesel konvensional atau lawas masih mengandalkan priming pump. Jadi membuang udara yang terperangkap jalur bahan bakar dilakukan dengan cara manual. Sementara diesel common rail, tekanan dan kalibrasi bahan bakar semua dilakukan oleh ECU," ucap Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (1/10/2022). 

Baca juga: Masyarakat Diharapkan Tidak Takut Beralih ke Kendaraan Listrik

Bahkan bisa dibilang mirip desain mesin fuel line pada mesin bensin. Hal tersebut pun berlaku pada perawatan dan penggunaan, otomatis jadi lebih gampang dan praktis. 

Meski begitu, Bambang menyebut, penyakit masuk angin tetap bisa terjadi pada mobil diesel common rail jika sampai kehabisan bahan bakar.  

(SULSEL)Pertamina Tindak Tegas 28 SPBU Nakal di SulawesiSUDDIN SYAMSUDDIN (SULSEL)Pertamina Tindak Tegas 28 SPBU Nakal di Sulawesi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.