Kompas.com - 18/09/2022, 14:42 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Jika berpatokan spesifikasi standar pabrikan, mobil diesel common rail minimal menggunakan solar dengan nilai cetane number (CN) 51 atau setara Dexlite

Tujuannya, untuk menjaga performa mesin dan keawetan komponen. Penggunaan BBM kualitas rendah bisa berisiko buruk  juga membuat performa mesin loyo.

Bahkan, bisa sampai membuat kerusakan pada komponen lain. Salah satunya Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang cukup sering mengalami masalah.

Padahal secara fungsi, EGR tak hanya untuk mengurangi emisi gas buang, tapi juga ikut menjaga efisiensi penggunaan BBM. 

Baca juga: Solar Naik, Mobil Diesel Bekas di Semarang Mulai Tak Dilirik 

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, kualitas BBM solar yang buruk akan menimbulkan kerak dan jelaga pada bagian katup dan pipa. 

"Performa mesin otomatis berkurang, BBM kualitas buruk akan menimbulkan tumpukan jelaga sisa pembakaran yang menyumbat EGR," ucap Bambang, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/9/2022). 

EGR Innova Diesel Dicky Aditya Wijaya EGR Innova Diesel

EGR yang bermasalah, gejalanya hampir mirip injektor yang tersumbat atau mampet. Mesin brebet dan dalam kondisi yang sudah parah bisa mati mendadak.

Bambang melanjutkan, supaya normal maka pemilik mobil harus rutin melakukan pembersihan EGR valve dan pipa. 

Selain itu, ada satu cara yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik, yakni dengan sering melakukan Italian tune up. 

Baca juga: Cara Usir Kerak Karbon dengan Teknik Italian Tune Up

Dengan menjaga putaran mesin pada rpm tinggi, jelaga dan kerak karbon bisa terdorong bersama gas buang. 

"Kalau ikut jadwal servis pembersihan setiap 10.000 kilometer (KM). Asal mobil sering digunakan dan di bawa ngebut, bagus buat kebersihan mesin dan jalur pembuangan," kata dia. 

Meski begitu, menurut Bambang, banyak pemilik memilih menutup jalur EGR dengan alasan tidak ingin repot melakukan perawatan rutin. 

Modifikasi pemilik Innova Diesel menutup jalur EGRDicky Aditya Wijaya Modifikasi pemilik Innova Diesel menutup jalur EGR

Kerusakan EGR, paling sering menyerang katup sensor yang bermasalah. Sementara untuk biaya pergantian EGR seperti Innova Diesel sekitar Rp 2,5 jutaan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.