Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi bila Mobil Diesel Salah Isi BBM?

Kompas.com - 29/08/2022, 14:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski jarang, masih ada kasus salah isi bahan bakar yang terjadi karena kecerobohan pemilik kendaraan, petugas SPBU, dan lain sebagainya.

Contohnya kejadian beberapa waktu lalu, mobil diesel yang salah mengisi bahan bakar jenis bensin. 

Tentunya kejadian ini sangat merepotkan karena secara teori mobil mesin diesel memiliki tekanan kompresi ruang bakar yang lebih besar. 

Mobil dengan mesin diesel tidak bisa hidup bila diisi bahan bakar bensin. Hal ini bisa terjadi lantaran karakternya didesain untuk bahan bakar solar yang membutuhkan tekanan kompresi tinggi dan tidak membutuhkan percikan api dari busi.

Baca juga: Lagi, Kemenhub Tunda Kenaikan Tarif Ojek Online

Karena itu, diperlukan langkah penanganan awal jika sampai kejadian fatal itu terjadi. Lantas apa saja yang harus di perhatikan?

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, salah isi bahan bakar jika sudah sampai ruang bakar dampaknya sangat fatal. Karena perbedaan kompresi, bagian piston bisa berhenti total. 

Langkah penanganan wajib segera dilakukan pemilik mobil, caranya dengan mematikan mesin secepat mungkin. 

Proses kuras bensin pada tangki bensinZulfana K. Rijal Proses kuras bensin pada tangki bensin

"Ketika tahu kalau salah isi, baiknya langsung mendorong mobil ke area aman SPBU. Segera telepon bengkel. Penanganan sesuai standar servis, jalur bahan bakar akan dicek. Urut dari kuras tangki, baru kemudian pembersihan filter bahan bakar," ucap Bambang saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/8/2022). 

Bambang melanjutkan, penanganan pertama kasus salah isi bahan bakar wajib dilakukan secara menyeluruh.

Karena dikhawatirkan bahan bakar sudah masuk ke dalam ruang bakar, jika tidak bersih ngelitik bisa sulit dihilangkan. 

Gejala ngelitik alias knocking terjadi karena hasil pembakaran sisa bahan bakar bensin yang terlalu kering. 

Baca juga: Seberapa Penting Kuras Tangki BBM Mobil?

Mekanik bengkel resmi Toyota melakukan perawatan berkala. Sesuai jadwal perawatan rekomendasi pabrikan Toyota, pemilik kendaraan wajib mengikuti prosedur servis 6 bulan. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Toyota melakukan perawatan berkala. Sesuai jadwal perawatan rekomendasi pabrikan Toyota, pemilik kendaraan wajib mengikuti prosedur servis 6 bulan.

"Mesin diesel dalam mekanisme pembakaran membutuhkan pelumasan dari kandungan bahan bakar. Senyawa bahan bakar itu hanya ada di Solar," ujar Bambang. 

Kepala Bengkel Astra Isuzu Majapahit Semarang Agus Wibowo mengatakan, supaya tidak ada sisa bahan bakar bensin, caranya keluarkan melalui saluran buang agar bisa dipompa secara manual sebelum masuk injection pump.

Penanganan bisa dilakukan sampai tak ada sisa bensin dalam sistem pembakaran. Baru kemudian dilakukan pengisian ulang bahan bakar menggunakan solar murni. 

"Setelah proses pompa bahan bakar (bleeding) di injection pump, filter solar baiknya langsung ganti baru. Langkah antisipasi agar sisa bahan bakar bensin bisa bersih," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com