Bahas Desain TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart, Mirip yang Lama

Kompas.com - 29/09/2022, 15:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com – Skutik entry level kelas 125 merupakan segmen yang gemuk. Pemainnya cukup banyak mayoritas dari merek Yamaha, tapi ada juga merek India yang ikut serta yaitu TVS Ntorq 125.

Pada Juli lalu TVS Indonesia meluncurkan New Ntorq 125, tepatnya di ajang Jakarta Fair 2022, dengan nama TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart yang merupakan pengembangan dari model sebelumnya.

TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

Ada beberapa peningkatan di model ini mulai dari desain dan fitur. Namun untuk perdana Kompas.com akan membahas desain, sebab tampilan eksterior merupakan hal pertama yang dilihat dari motor.

Baca juga: Mulai Rp 200 Jutaan, Simak Pilihan Mobil Hybrid Bekas

Secara sederhana tampilan Ntorq 125 Race XP Play Smart ini sama seperti model sebelumnya. Perbedaannya ialah di lampu depan, yang mana pada model baru ini tampilan reflektor lampu depannya berubah.

Lampu depan punya desain reflektor yang agresif dengan lampu DRL bentuk "T" di bagian tengah. Bagian batok setangnya tidak banyak berbeda dengan model sebelumnya.

TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

Adapun bentuk lainnya bisa dikatakan masih sama. Perubahan minor ini wajar sebab masih facelift bukan All New atau major change yang mengubah banyak skema desain yang sudah ada.

Baca juga: Soleh Solihun Kena Pungli di Samsat, Ini Alur dan Biaya Perpanjang Pajak 5 Tahunan

Secara keseluruhan desain Ntorq 125 Race XP Play Smart punya tampilan yang dinamis, temanya ialah sporty racing tapi desainnya masih cukup elegan.

Dimensi Ntorq 125 memiliki panjang 1.865 mm, lebar 710 mm dan tinggi 1.160 mm. Secara keseluruhan bentuknya cukup besar untuk skutik 125cc.

TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

Hal itu berpengaruh pada desain. Batok setangnya memanjang dan bagian tengahnya dihiasi warna hitam. Di batok setang itu pula tersemat lampu sein. Aplikasi lampu sein di batok setang cukup unik.

Beralih ke samping bentuk bodinya terlihat gemuk tapi di ujung belakang meruncing. Bentuk jok model ganda pakai jahitan warna merah dan bagian bawahnya pakai motif karbon.

Baca juga: Selain Karena Kampas, Rem Skutik Bisa Gagal Berfungsi Karena Hal Ini

TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart KOMPAS.com/Gilang TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

Dilihat dari belakang tampilannya makin menarik. Lampu setop berada di tengah diapit oleh dua kisi-kisi besar yang menjadikan bagian belakangnya terlihat basar tapi juga sporty.

Ketika menyala lampu belakangnya terlihat seperti huruf T. Adapun sein berada di bawah kisi-kisi angin. Seinnya model ala motor sport tapi tidak lebar sehingga tidak rawan tersenggol.

Kaki-kaki memakai pelek 12 inci model palang 10 mirip bunga, ban depan tubeless 100/80 sedangkan belakang 110/80. Paduan ini membuat kaki-kakinya terlihat pas dengan bodi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.