Kompas.com - 29/09/2022, 15:01 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menjawab kebutuhan dan perkembangan dunia otomotif nasional, PT Wacana Prima Sentosa (WPS) memperkenalkan secara resmi aki baru yang lebih berperforma dan ramah lingkungan, Massiv Hybrid.

Sudah lebih dahulu meramaikan pasar ekspor, salah satu komponen penting di kendaraan tersebut memiliki beragam keunggulan yang mengombinasikan sifat aki konvensional dan maintenance free (MF).

Sehingga, dijelaskan Pilot Project Massiv Hybrid Tumenggung Prabowo, aki ini diyakini punya tenaga super dan mudah perawatan karena pengisian air akinya (zuur) memiliki periodik lebih lama yaitu sampai empat bulan.

Baca juga: Kenali Fungsi Oli Gardan pada Motor Matik

Launching Aki Massiv HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Launching Aki Massiv Hybrid

"Massiv Hybrid dipastikan cairan aki zuur-nya berkualitas baik dari pabrikan dan minim perawatan. Membuat, aki lebih berperforma," kata di Pabrik TBP, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (29/9/2022).

Dengan jenis hibrida, aki ini sudah diisi dengan air aki (zuur) dari pabrik. Proses ini menjamin kualitas air aki terbebas dari kotoran yang terkontaminasi dari unsur besi (Fe), mangan (Mn), nickel (Ni), chromium (Cr), dan chloride(Cl).

Langkah tersebut jelas memastikan kualitas air aki itu sendiri. Sebab, pengisian air aki sesuai standar membuat kualitas sel jauh bertahan lama. Oleh karena itu Massiv Hybrid diklaim sebagai aki ramah lingkungan.

Lebih jauh, Massiv Hybrid sudah dibekali grid calcium spesial formula. Hal ini mempengaruhi masa simpan aki lebih lama dibandingkan kompetitor sejenis penurunan performa lebih lama).

Baca juga: PLN Jamin Ketersediaan SPKLU untuk Pengguna Kendaraan Listrik

Aki Massiv Hybrid UltimateKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Aki Massiv Hybrid Ultimate

“Penggunaan pelat design center lug juga bakal mempengaruhi daya setrum dan daya starter pada aki (CCA) lebih tinggi. Tidak hanya itu, penambahan special alloy akan meningkatkan performanya dalam ketahanan terhadap temperatur tinggi," jelas Heru Darmawan, Quality Assurance Department Head PT Trimitra Baterai Prakarsa.

"Sehingga daya setrum dan starter bisa lebih tinggi 15 - 20 persen dibanding kompetitor sejenis,” tambahnya.

Lalu penggunaan mesin automatic small part casting membuat sambungan antar sel lebih kuat sehingga konektor dan terminal menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Apalagi, tersemat pula teknologi glassmate agar daya rekat pasta yang menempel pada rangka (grid). Membuat, aki tetap kuat terhadap guncangan.

Atas kelebihan itu, aki Massiv Hybrid dihargai Rp 710.000 sampai Rp 1.533.000 sesuai varian, besaran daya, dan tipenya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.