Kompas.com - 29/09/2022, 12:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor matik (skutik), ada pelumas tambahan yang harus diberikan selain oli mesin. Pada motor dengan kopling kering, oli tambahannya adalah oli transmisi matik atau oli gardan.

Oli ini digunakan untuk memberikan pelumasan pada bagian transmisi, untuk melindungi dan mengoptimalkan kinerja pada area CVT (continuosly variable transmission), seperti gear dan bearing-bearing di dalamnya.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana menjelaskan, oli gardan motor matik harus diganti secara berkala.

Baca juga: Oli Motor Matik Beda dengan Motor Manual

"Pada penggunaan normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau (motor) selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. Coba ganti dengan perbandingan 2:1. Penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali ganti oli mesin," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/9/2022).

Ada efek buruk jika sampai telat melakukan penggantian oli transmisi skutik. Ada beberapa ciri kerusakan yang bisa muncul, salah satu yang paling umum adalah munculnya suara kasar di area CVT.

Ini terjadi karena ada gesekan antar komponen di transmisi, yang bisa disebabkan oleh perubahan viskositas oli gardan, atau banyaknya logam ausan yang berada di dalam transmisi.

Oli gardanDok. PT Pertamina Lubricants Oli gardan

Kemudian, akan terasa getaran pada setang dan bodi motor. Gejala yang satu ini dapat terasa dengan jelas jika motor dikemudikan di jalan yang menurun. Ini menjadi pertanda, bahwa gardan tidak bekerja dengan baik karena oli transmisi tidak melumasi dengan sempurna.

Biaya kerusakan yang dibutuhkan untuk mengatasi kerusakan terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan kebiasaan rutin mengganti oli.

"PTPL pun menyediakan oli transmisi motor matic, Enduro Gear Matic. Oli dengan base oil synthetic ini juga diformulasi bersama zat aditif untuk mendukung performa pada motor matic. Untuk harga Enduro Gear Matic kemasan 120 ml dijual dengan harga Rp 14.000," ucap Brahma.

Baca juga: Motor Listrik United TX3000 dan TX1800 Meluncur, Harga Mulai Rp 30 Jutaan

Cara mengganti oli transmisi motor matik

Penggantian oli bisa dilakukan secara mandiri oleh pemilik motor matik. Prosesnya juga cukup mudah.

Pertama, parkirkan motor dengan standar tengah di tempat rata. Kemudian, buka baut paling belakang di bagian bawah CVT. Lepaskan baut dan siapkan wadah iuntuk menampung oli gardan lama.

Miringkan motor sedikit untuk memastikan oli sudah terbuang semua. Kemudian, pasang kembali baut, buka penutup oli transmisi di atas dan tuangkan oli transmisi yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.