Selain karena Kampas, Rem Skutik Bisa Gagal Berfungsi karena Hal Ini

Kompas.com - 29/09/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Berkendara sepeda motor matik alias skutik sangat menyenangkan. Namun, khusus di medan pegunungan, pengendara dituntut lebih waspada. 

Sistem pengereman yang selalu diandalkan jadi gampang panas. Parahnya lagi, bisa membuat gagal berfungsi mengurangi kecepatan, terutama di turunan panjang.

Biang keroknya adalah kampas rem kehilangan daya cengkeram imbas panas berlebihan. Selain itu, diduga ada keterlibatan komponen rem lain yang bisa memicu terjadinya rem blong.

Lantas, apakah benar demikian?

Baca juga: Kenali Penyebab Kampas Rem Motor Matik yang Habis Tak Rata

Menurut Nurhadi Muslim, Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang, rem skutik blong jika dianalisis penyebabnya ada tiga hal. 

Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160Dok. AHM Pelek dan rem ABS motor Honda ADV 160

"Nomor satu memang disebabkan kampas rem overheat. Sering diabaikan tapi fatal, yaitu telat ganti minyak rem akhirnya mekanisme kerja rem terganggu, yang jarang diketahui, piston master rem rusak, namun tidak terdeteksi," ucap Nurhadi kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022). 

Minyak rem dijadwalkan dilakukan pergantian 24.000 kilometer (km) sekali. Khawatirnya, kinerja sistem pengereman tak lagi maksimal karena terkontaminasi uap air. 

Visual minyak rem yang kelihatan bagus belum tentu bebas dari penguapan, dampaknya komponen utama rem hidrolik terganggu. 

Baca juga: Chopper Glamor Sinaga, Berbalut Emas 24 Karat

Ilustrasi minyak rem sepeda motorDok. DAM Ilustrasi minyak rem sepeda motor

"Sistem rem hidrolik tidak dapat bekerja meski tuas rem ditarik berulang kali. Kondisi minyak rem yang buruk juga dapat merusak seal karet di master rem dan seal di kaliper rem. Sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengendara lain jika sampai rem blong," kata dia. 

Kemudian berimbas kerusakan master rem yang bikin piston rem bisa macet. Putaran roda jadi berat dan kampas rem terus menekan istilahnya mengunci, dan lama-kelamaan kampas akan lengket dan tidak berfungsi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.