Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Baru PO SAN Pakai Power Window, Opsi Baru dari Laksana

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) baru saja mengambil bus baru dari Karoseri Laksana. Keempat bus tersebut memakai bodi Legacy SR3 Panorama XHD Ultimate.

Selain bodi bus yang baru, PO SAN juga memakai opsi lain, yakni kaca pengemudi yang elektrik atau power window. Jadi fitur yang biasanya ada di mobil penumpang, kini dibawa Karoseri Laksana ke unit bus.

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN mengatakan, alasan power window digunakan pada bus miliknya adalah agar memudahkan pengemudi saat mau bayar tol atau kegiatan lainnya.

"Pakai power window agar pengemudi lebih leluasa. Kalau model kaca geser, relatif kecil (ukurannya) dan banyak kesulitan menurut saya," ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Selain itu, menurut Sani kaca geser ada beberapa kekurangan. Misal kalau sudah lama, rel jadi aus dan membuat kaca oblak sehingga berisik saat jalan dan rawan air masuk atau bocor.

"Adapun saat baru relnya masih seret dan saat mau dibuka dalam kondisi terburu-buru sering handle-nya patah bahkan kacanya pecah," ucap Sani.

Jadi dengan memakai power window, pengemudi juga harus menyesuaikan kebiasaan. Sehingga ketika dipakai, motor listrik untuk power window bisa awet dan berfungsi dengan baik.

Sisi lain menurut Sani pertimbangan memakai opsi power window adalah tampilannya yang keren. Tapi itu sebenarnya bukan yang utama, karena tentu fungsionalitas yang paling penting.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/28/191100415/bus-baru-po-san-pakai-power-window-opsi-baru-dari-laksana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke