Selain ADV 160 dan PCX 160, AHM Juga Recall Motor Ini

Kompas.com - 26/09/2022, 17:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja melakukan recall atau penarikan kembali pada Honda ADV 160 dan PCX 160. Selain kedua produk itu, masih model lain yang harus ditarik kembali.

Dilansir dari Autoevolution (26/9/2022), Honda American Motor Co mengumumkan program perbaikan atau recall pada CRF1100L Africa Twin.

Motor adventure itu diketahui mengalami masalah di unit kontrol mesin (ECU) yang menyebabkan transmisi kopling ganda (DCT) tak bisa beroperasi sempurna.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

Honda CRF1100L Africa Twin Meluncur di EICMA 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Honda CRF1100L Africa Twin Meluncur di EICMA 2019

Dalam kasus itu, para pemilik Africa Twin juga bisa mengalami motor berhenti secara tiba-tiba karena adanya kesalahan perangkat lunak.

"Kesalahan perangkat lunak pada unit kontrol mesin (ECU), dapat memutuskan komunikasi jaringan area pengontrol (CAN) dan melepaskan kopling. Hal itu mengakibatkan mesin mati atau kehilangan tenaga penggerak," tulis keterangan resmi Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA).

Oleh sebab itu, sekitar 1.561 unit CRF1100L Africa Twin produksi tahun 2020 hingga 2021 harus kembali ke diler resmi untuk dilakukan perbaikan.

Baca juga: Alasan Bensin Oktan Tinggi Bisa Bikin Konsumsi BBM Lebih Hemat

Selain terjadi di Amerika Serikat, recall CRF1100L Africa Twin juga dilakukan di Indonesia. Informasi ini telah dirilis AHM pada situs resminya per September 2022.

“Konsumennya akan diundang,” ujar General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibuddin, kepada Kompas.com (26/9/2022).

Menurut Muhib, berbeda dengan recall ADV 160 atau PCX 160, pada CRF1100L Africa Twin tidak ada penggantian suku cadang.

“Kami akan melakukan proses pemograman ulang pada komponen ECM untuk memastikan tidak terjadi potensi menurunnya performa pada mesin,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.