Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Umumkan Recall Honda ADV 160 dan PCX 160 Produksi 2022

Kompas.com - 26/09/2022, 09:36 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan recall atau penarikan kembali pada Honda ADV 160 dan PCX 160. Padahal ADV 160 baru saja meluncur pada Juli lalu, sementara PCX 160 pada Februari 2021.

Dalam undangan yang beredar di forum Honda ADV dan PCX di jejaring Facebook maupun Youtube, pabrikan menemukan malfungsi pada part CVT kedua produk tersebut.

Pada keterangannya melalui undangan ke konsumen, part yang bermasalah tersebut adalah face set driven atau puli belakang.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

AHM pun mengundang para konsumen pemilik ADV 160 dan PCX 160 produksi 2022 yang terdampak untuk melakukan penggantian part yang bermasalah.

Ketebalan part tidak merata akibat proses produksi yang kurang sempurna, di mana dalam jangka panjang dapat berpotensi noise pada area CVT," tulis AHM, dalam undangan yang beredar itu.

"Serta mengakibatkan penurunan kinerja dari part tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, dilakukan pemanggilan konsumen dan penggantian komponen CVT (Pulley Assy., Driven) di bengkel resmi sepeda motor Honda tanpa dikenakan biaya," lanjut keterangan tersebut.

Baca juga: Hasil MotoGP Jepang 2022: Miller Juara, Bagnaia Kecelakaan dan Marquez Gagal Podium

Artinya, baik itu pemilik ADV 160 maupun PCX 160 lansiran 2022 yang terdampak, bakal mendapatkan undangan serupa atas permasalahan yang sama.

Sementara itu, dilansir dari situs resminya (26/9/2022), AHM juga telah mengumumkan kampanye recall yang menyasar pada model Honda PCX dan ADV 160 tahun produksi 2022.

Periode perbaikannya dilakukan pada September ini, dan AHM menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Honda dalam memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara buat konsumen.

Baca juga: Dilema Industri Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Dalam Negeri

Bengkel Honda AHASSFoto: Wahana Bengkel Honda AHASS

Menanggapi hal ini, General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibuddin, membenarkan bahwa pihaknya melakukan penarikan kembali terhadap ADV 160 dan PCX 160.

“Betul, penanganannya dengan mengundang beberapa konsumen pemilik model tersebut ke AHASS untuk pemeriksaan bagian Pulley Assy Driven,” ujar Muhib, kepada Kompas.com, Senin (26/9/2022).

“Ini untuk memastikan kondisi sepeda motornya selalu dalam kondisi terbaik,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com