Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Banyak Berubah, Ulas Tampilan Suzuki Ertiga Hybrid

Kompas.com - 26/09/2022, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid sebagai satu-satunya mobil keluarga dengan kapasitas 7-penumpang alias Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) listrik di Tanah Air tak ditampik membuat gebrakan tersendiri.

Apalagi, kendaraan yang memiliki tambahan teknologi baterai lithium-ion dan Integrated Starter Generator (ISG) ini dihargai Rp 300 jutaan. Sehingga dapat mendorong program percepatan penggunaan kendaraan listrik nasional.

Tidak sampai di sana, tampilan mobil juga tak banyak berubah dibanding versi terdahulu yang sangat familiar. Membuat masyarakat cukup mudah melakukan penyesuaian saat melihatnya secara langsung.

Baca juga: Stigma Kalau Pakai Kendaraan Listrik Itu Rumit dan Mahal

Suzuki All New Ertiga HybridAzwar F/Kompas.com Suzuki All New Ertiga Hybrid

Dijelaskan 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), hal terkait karena desain Ertiga masih layak diaplikasikan dan relevan. Sebab, usia dari desain tersebut belum terlalu lama, baru sekitar 4 tahun jadi belum masuk ke masa siklus hidupnya.

Lantas apa saja yang berubah dari desain Ertiga Hybrid? Berdasarkan hasil uji jalan yang dilakukan Kompas.com salam beberapa hari pada varian GX, ada beberapa aspek yang turut disesuaikan berdasar kebutuhan kendaraan hybrid.

Pertama dari desain gril depan, bila dilihat saat ini mengalami sentuhan baru dengan tampilan lebih sporty dan didominasi warna gelap dan minimalis. Hal tersebut agar mengurangi beban karena tekanan angin.

Baca juga: Produsen Kendaraan Listrik Masih Andalkan Impor Baterai

Selanjutnya ada auto retractabel outside mirror, model antena, garnis pada bagian pintu belakang, pelek dengan desain dan kelir baru, sampai emblem hybrid sebagai penanda jati diri di buritan.

Sehingga apabila mobil dilihat sekilas dari luar memang tampak tidak berbeda dibandingkan varian Ertiga lainnya.

Masuk ke bagian interior, perbedaan terjadi pada multi information display (MID) yang hampir serupa dengan milik XL7 dengan warna dominan hitam-biru. Di sana juga ada tambahan informasi yaitu indikator baterai.

Material baru juga diaplikasi pada jok lengkap dengan kelir yang memberikan nuansa baru serta sentuhan ornamen lainnya.

Baca juga: Kenali Gejala Transmisi Mobil Matik Mulai Bermasalah

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Untuk urusan dimensi, secara keseluruhan tak berbeda, Ertiga Hybrid memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, dan ground clearance 180 mm.

Sayangnya, meski mobil sudah canggih di bagian dapur pacu tapi sisi hiburan masih belum diremajakan. Kompartemen penyimpanan pun tidak bertambah seperti ruang penyimpanan dan cup holder meskipun bagasinya cukup luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com