Tidak Banyak Berubah, Ulas Tampilan Suzuki Ertiga Hybrid

Kompas.com - 26/09/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid sebagai satu-satunya mobil keluarga dengan kapasitas 7-penumpang alias Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) listrik di Tanah Air tak ditampik membuat gebrakan tersendiri.

Apalagi, kendaraan yang memiliki tambahan teknologi baterai lithium-ion dan Integrated Starter Generator (ISG) ini dihargai Rp 300 jutaan. Sehingga dapat mendorong program percepatan penggunaan kendaraan listrik nasional.

Tidak sampai di sana, tampilan mobil juga tak banyak berubah dibanding versi terdahulu yang sangat familiar. Membuat masyarakat cukup mudah melakukan penyesuaian saat melihatnya secara langsung.

Baca juga: Stigma Kalau Pakai Kendaraan Listrik Itu Rumit dan Mahal

Suzuki All New Ertiga HybridAzwar F/Kompas.com Suzuki All New Ertiga Hybrid

Dijelaskan 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), hal terkait karena desain Ertiga masih layak diaplikasikan dan relevan. Sebab, usia dari desain tersebut belum terlalu lama, baru sekitar 4 tahun jadi belum masuk ke masa siklus hidupnya.

Lantas apa saja yang berubah dari desain Ertiga Hybrid? Berdasarkan hasil uji jalan yang dilakukan Kompas.com salam beberapa hari pada varian GX, ada beberapa aspek yang turut disesuaikan berdasar kebutuhan kendaraan hybrid.

Pertama dari desain gril depan, bila dilihat saat ini mengalami sentuhan baru dengan tampilan lebih sporty dan didominasi warna gelap dan minimalis. Hal tersebut agar mengurangi beban karena tekanan angin.

Baca juga: Produsen Kendaraan Listrik Masih Andalkan Impor Baterai

Selanjutnya ada auto retractabel outside mirror, model antena, garnis pada bagian pintu belakang, pelek dengan desain dan kelir baru, sampai emblem hybrid sebagai penanda jati diri di buritan.

Sehingga apabila mobil dilihat sekilas dari luar memang tampak tidak berbeda dibandingkan varian Ertiga lainnya.

Masuk ke bagian interior, perbedaan terjadi pada multi information display (MID) yang hampir serupa dengan milik XL7 dengan warna dominan hitam-biru. Di sana juga ada tambahan informasi yaitu indikator baterai.

Material baru juga diaplikasi pada jok lengkap dengan kelir yang memberikan nuansa baru serta sentuhan ornamen lainnya.

Baca juga: Kenali Gejala Transmisi Mobil Matik Mulai Bermasalah

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Untuk urusan dimensi, secara keseluruhan tak berbeda, Ertiga Hybrid memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, dan ground clearance 180 mm.

Sayangnya, meski mobil sudah canggih di bagian dapur pacu tapi sisi hiburan masih belum diremajakan. Kompartemen penyimpanan pun tidak bertambah seperti ruang penyimpanan dan cup holder meskipun bagasinya cukup luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.