Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Bikin Jetbus MHD Adiputro, Mulai Rp 520 Juta

Kompas.com - 26/09/2022, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bodi Jetbus 3+ MHD menjadi salah satu produk Karoseri Adiputro yang diminati berbagai operator bus AKAP maupun pariwisata.

Salah satu keunggulan dari bodi Jetbus MHD ini adalah bagasinya yang lega dengan dimensi bus yang tidak terlalu tinggi. Jadi bisa menggunakan sasis bus dengan GVW 15 ton sampai 16 ton, tidak perlu yang premium.

Lalu jika berminat ingin membuat bus dengan bodi Jetbus MHD, berapa biaya yang harus disiapkan?

Baca juga: Bus Listrik Dinilai Belum Ideal untuk Layanan AKAP

bus AKAP PO Sugeng RahayuDOK. ADIPUTRO bus AKAP PO Sugeng Rahayu

Perlu diingat, membeli bus di Indonesia melalui dua tahapan, pertama beli sasisnya dahulu di APM. Setelah membeli sasis, bisa dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodi, khusus Jetbus MHD, tentu dibawa ke Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Harga sasis dengan GVW 16 ton ada di rentang Rp 800 juta sampai Rp 1 miliar. Sedangkan untuk bodi Jetbus MHD, biaya karoseri bodinya saja ada di harga Rp 520 juta.

"Rp 520 juta MHD kalau kosongan, tidak termasuk AC, bangku, dan tutup ducting. Untuk audio standar sudah termasuk," ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Jepang 2022, Quartararo Makin Menjauh


Untuk AC yang digunakan pada bus, harganya pun beragam tergantung merek yang dipilih. Kisaran harga AC mulai Rp 100 juta sampai Rp 200 jutaan.

Begitu juga untuk bangku, harganya tergantung model yang dipilih dan berkisar dari Rp 1,5 juta sampai puluhan juta. Belum lagi jika operator mau memodifikasi bagian kabinnya dibuat layaknya motorhome atau rumah berjalan, biaya makin bertambah.

Kalau ditotal, biaya buat satu bus utuh, dari mulai sasis sampai printilannya bisa mencapai Rp 1,5 miliar atau lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com