Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Mobil Listrik Kebal Aturan Ganjil Genap di Jakarta

Kompas.com - 26/09/2022, 07:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan kendaraan pribadi berupa kebijakan ganjil genap mulai diberlakukan lagi di Jakarta hari ini, Senin (26/9/2022).

Ketentuan ini mengacu kepada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019.

Ganjil genap berlaku bagi kendaraan pribadi yang melintas di ruas jalan tertentu. Namun perlu diingat, ada kendaraan yang kebal terhadap aturan tersebut. Salah satunya adalah mobil listrik.

Baca juga: Subaru Belum Tertarik Jualan Mobil Listrik di Indonesia

Langkah ini merupakan satu dari sekian insentif yang diberikan kepada pemilik kendaraan listrik. Mobil listrik bisa melintas di ruas jalan yang terkena ganjil genap. Alasannya, karena pemilik kendaraan listrik ambil bagian dalam mengurangi emisi bahan bakar.

Namun perlu diingat, kebijakan ini hanya berlaku bagi kendaraan murni listrik atau yang sumber tenaganya hanya mengandalkan listrik, bukan mobil hybrid.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Karena, mobil hybrid sumber tenaganya masih bercampur dengan mesin konvensional, atau masih mengandalkan bahan bakar mesin (BBM) bensin.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Transmisi CVT dan D-CVT

Mobil listrik tidak akan diberi stiker khusus sebagai tanda pengecualian dari ganjil genap, namun pelatnya dilengkapi dengan lis warna biru di bagian masa berlakunya. Lis biru tersebut mempermudah petugas untuk mengidentifikasi jenis kendaraan yang melintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com