Baru Sebulan, Air EV Rebut Posisi Mobil Listrik Terlaris dari Ioniq 5

Kompas.com - 20/09/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air EV berhasil meraih capaian positif pada debut perdananya di pasar dalam negeri, mulai Agustus 2022.

Baru sebulan resmi jualan, diolah dari data Gaikindo, mobil listrik murni alias battery electric vehicle (BEV) harga Rp 300 jutaan ini, berhasil jadi yang terlaris. Artinya, merek China ini kini berstastus jadi mobil listrik terlaris Indonesia,  bahkan jauh melampaui capaian Hyundai Ioniq 5.

Sebelumnya, Ioniq 5 merupakan yang terlaris merajai pasar BEV, dengan rata-rata penjualan 115 unit per-bulan.

Baca juga: Belum Ada Bengkel yang Bisa Konversi Mobil Listrik

Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility ExperienceKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility Experience

Namun bulan kedelapan lalu, telah mengalami peningkatan penjualan 49 persen dari satu bulan sebelumnya jadi 174 unit, Ioniq 5 gagal bertahan di posisi puncak. Sebab jumlah angka penjualan Air EV berhasil tembus 821 unit.

Kinerja itu juga berhasil membuat Air EV menguasai 80 persen dari total pasar BEV Indonesia, yang berjumlah 1.015 unit. Serta, menguasai pangsa 46 persen terhadap pasar kendaraan elektrifikasi per-Agustus 2022.

Tepat berada di bawah kedua model BEV andalan terkait, ada Hyundai Ioniq EV dengan total penjualan yaitu 16 unit dan Lexus UX 300e sebesar 4 unit.

Model lainnya, seperti Hyundai Kona EV, Toyota Coms, Nissan Leaf, serta DFSK Gelora E, tercatat tanpa melakukan aktivitas penjualan dari pabrik ke diler, alias nol unit.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Tumbuh, tapi Belum Sentuh Kelas Menengah

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 menjadi kendaraan otonom Level 4 dalam proyek RoboRideDok. Insideevs.com Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 menjadi kendaraan otonom Level 4 dalam proyek RoboRide

Kendati demikian, pertumbuhan pasar BEV secara bulanan meningkat tajam dari 127 unit saja menjadi 1.015 unit. Jika dijumlahkan dengan penjualan mobil hybrid, maka total pasar kendaraan elektrifikasi jadi 1.778 unit.

Berikut daftar penjualan kendaraan listrik di Indonesia per-Agustus 2022 (wholesales):

BEV;

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.