Kompas.com - 21/09/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempercepat elektrifikasi, saat ini pemerintah telah mengizinkan konversi motor konvensional menjadi motor listrik.

Namun perlu diingat, konversi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bengkel yang mengerjakan konversi pun harus memiliki sertifikat dan teknisi yang kompeten.

Baca juga: Puluhan Bengkel Umum Daftar Jadi Bengkel Konversi Motor Listrik

Motor listrik konversi juga tidak boleh sembarangan mengaspal, namun harus terlebih dulu memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT) serta Sertifikat Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT).

Ketentuan tentang bengkel konversi motor listrik tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Saat ini, sudah ada sejumlah bengkel yang memiliki izin untuk melakukan konversi motor listrik, termasuk universitas atau kampus tertentu.

Konversi Vespa Listrik Elders Garage di PEVS 2022Janlika Putri/ Kompas.com Konversi Vespa Listrik Elders Garage di PEVS 2022

Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga masih membuka kesempatan kepada praktisi, modifikator, ataupun mahasiswa untuk mengajukan bengkelnya menjadi rekanan untuk melakukan konversi.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Jenis SIM bagi Pengguna Motor Listrik

Buat yang tertarik untuk melakukan konversi motor konvensional menjadi motor listrik, berikut ini lokasi bengkel konversi motor yang memiliki sertifikat:

1. Litbang ESDM: Jl. Pendidikan, Pengasihan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
2. PT Braja Elektrik Motor: Jl. Keputih Tegal No. 28, Keputih, Sukolilo, Surabaya
3. Elders Garage: Jl. Pangeran Antasari No. 36, Jakarta Selatan
4. Juara Bike (Selis): Jl. Raya Serang Km 14,2, Pasir Gadung, Cikupa, Tangerang, Banten
5. Kampus ITS Surabaya
6. PT Nagara Sains Konversi: Treasury Tower Lantai 7, District 8, SCBD, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan
7. PT Handhika Garda Parama: Jl. Raya Mabes Hankam No. 28, Setu, Cipayung, Jakarta Timur

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.