Rasio Kompresi Tinggi, Apa BBM yang Tepat untuk Honda New CBR 250RR?

Kompas.com - 21/09/2022, 10:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Honda telah resmi meluncurkan New CBR 250RR dengan pembaruan pada sektor mesin. Tidak banyak yang diubah, bisa dibilang hanya penyempurnaan sehingga motor ini menjadi lebih bertenaga.

Dikabarkan New CBR 250RR ini mengalami perubahan rasio kompresi yang lebih tinggi, dari awalnya 11,5:1 untuk yang standar, dan 12,5:1 untuk yang tipe SP Quick Shifter.

Rasio kompresi yang tinggi ini tentu saja menimbulkan pertanyaan. Dengan rasio kompresi setinggi itu, jenis bahan bakar apa yang cocok untuk Honda New CBR 250RR ini?

Baca juga: Diskon Motor Sport Honda, CBR250RR Tembus Rp 3 Jutaan

New Honda CBR250RRKOMPAS.com/Adityo New Honda CBR250RR

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro, mengatakan bahan bakar yang bisa digunakan cukup beragam, meski rasio kompresinya tinggi Honda CBR 250RR bisa menenggak Pertalite.

“New Honda CBR250RR cocok menggunakan BBM dengan nilai RON minimal 90 atau bisa juga menggunakan BBM dengan nilai RON di atasnya,” ucap Danang kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Dia mengatakan bila Honda New CBR 250RR diisi bensin dengan oktan 90 masih bisa menerima tanpa mengurangi performanya. Hanya saja, bahan bakar yang lebih berkualitas tentu sangat mendukung performa mesin dengan rasio kompresi yang tinggi.

Baca juga: Daftar Harga Honda CBR 250RR Bekas, Mulai Rp 41,8 Jutaan

Honda CBR 250 RRKompas.com/Erwin Setiawan Honda CBR 250 RR

Hal serupa juga disampaikan oleh, Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno, bahwa Honda New CBR 250RR bisa menenggak bahan bakar minimal RON 90.

“Bisa menggunakan minimal Ron 90 atau yang lebih tinggi,” ucap Endro kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Jadi, meski memiliki rasio kompresi yang tinggi Honda New CBR 250RR masih bisa menerima dikasih bahan bakar yang berkualitas rendah hingga RON 90, tapi motor ini juga sangat mendukung bila diisi dengan bahan bakar yang berkualitas tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.