Busworld SEA 2022 Bakal Pamerkan 4 Bus Listrik, Ada dari Indonesia?

Kompas.com - 20/09/2022, 19:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Busworld SEA 2022 kembali hadir di Indonesia. Tepatnya akan berlangsung pada 5-7 Oktober 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Berbagai karoseri pembuat bus dalam negeri hadir di Busworld SEA 2022. Sebut saja Karoseri Adiputro, Laksana, Tentrem, dan New Armada akan meramaikan dan membawa lini produk terbaru.

Selain karoseri bus lokal, perusahaan bus ternama dari luar negeri akan hadir, yakni Zhongtong dan Golden Dragon. Bocorannya, dari tujuh bus yang dipamerkan akan hadir empat bus listrik.

Baca juga: Stok Sasis Bus Mercedes-Benz Mulai Langka, Baru Datang 2023

Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawasKompas.com/Setyo Adi Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas

Baki Lee, Director GEM Indonesia masih belum mau membocorkan siapa karoseri atau perusahaan yang akan memboyong bus listrik di Busworld SEA 2022.

"Jadi di 2022 ini rahasia saja dulu, saya tidak menyebutkan nama perusahaannya dulu. Nanti kalau mau tahu datang langsung," ucapnya di Press Conference Busworld SEA 2022, Senin (20/9/2022).

Baki sengaja tidak membocorkan siapa yang akan menampilkan bus listrik pada pameran tersebut. Bisa saja karoseri lokal juga turut menampilkan keahliannya membuat bodi bus listrik.

Baca juga: Honda CBR250RR Datang dengan Mesin Baru, Tantang ZX-25R dan R25


"Jadi silahkan datang, melihat siapa saja, mungkin dari Adiputro, Laksana, Tentrem, New Armada," kata Baki.

Soal bus listrik, Karoseri Laksana sudah pernah membuat bodi untuk sasis BYD. Bodi tersebut adalah eCityline dengan lantai tinggi atau high floor, pas untuk Bus Rapid Transit (BRT).

Namun kabarnya saat ini, bus tersebut masih belum diuji coba. Hal yang menyedihkan adalah bus kreasi karoseri lokal malah tertutup dengan hadirnya bus-bus listrik utuh dari China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.