Kompas.com - 15/09/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Laksana akhirnya mengeluarkan bodi Legacy SR3 dengan model double glass. Perusahaan Otobus (PO) pertama yang menggunakannya adalah PO Sahaalah dan dijadikan bus pariwisata.

Secara tampilan depan, memang bentuk bumper berubah total. Lampu utama sudah LED dengan model baru SR3, kemudian ada fog lamp dan DRL yang juga LED di bagian depan.

Tapi kalau dilihat secara proporsional, masih teringat akan Legacy SR2 Double Glass. Jadi bisa dibilang di bagian depan ada beberapa komponen yang sama antara model SR3 dan pendahulunya.

Baca juga: Bus Baru PO Muji Jaya Rakitan Adiputro, Pakai Bodi MHD

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Werry Yulianto Export Manager Karoseri Laksana mengatakan, memang sebagian komponen yang ada di depan masih memakai milik SR2.

"Bando masih sama, SR3 dengan SR2," ucap Werry kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Sedangkan untuk spion depan, SR3 memang punya model baru dan lebih panjang ornamen lampunya. Untuk selendang samping, cukup serupa dengan tipe S Series dengan sedikit ubahan di bagian detail krom.

Baca juga: Imbas Kenaikan BBM, Mobil Diesel Bekas Sepi Peminat


Sedangkan bagian samping tidak begitu berbeda jauh, tapi bisa dilihat kalau lampu belakang yang digunakan sudah berbeda. Model lampu belakang SR3 memang punya bentuk lebih modern dibanding SR2.

Untuk bagian belakang, pembeda antara SR3 dengan SR2 ada pada model kap mesin. Model baru Laksana ini memakai kap mesin yang tiga dimensi dengan ventilasi udara di bagian samping.

Pada bagian kabin, layaknya bus pariwisata pada umumnya, bangku yang digunakan 2-2. Selain itu, dipasang toilet di bagian tengah mengingat posisi pintu belakangnya juga yang ada di tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.