Kompas.com - 14/09/2022, 11:02 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Motor listrik digadang-gadang dapat menjadi pengganti motor bensin di tengah kenaikan harga BBM. Pasalnya, motor listrik memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan motor bensin, bahkan lebih ramah lingkungan.

Motor listrik bisa jadi langkah masuk menuju era elektrifikasi dengan harga relatif terjangkau.

Selis terkenal dengan penjualan sepeda listrik, namun ternyata perusahaan tersebut juga menyediakan motor listrik yang dapat dioperasikan di jalan raya. Dilengkapi STNK juga layaknya motor biasa.

Baca juga: Membandingkan Skuter Listrik Viar Q1, Gesits dan Selis E-Max


Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Fathan Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Salah satu motor listrik yang dijual oleh Selis adalah motor E-Max. Motor listrik ini dibekali baterai SLA 60 Volts dengan kapasitas 25 Ah dengan tenaga 1.200 Watt.

E-Max mampu berlari dengan kecepatan 50 Km per jam dan menempuh jarak 120 Km sekali pengisian daya secara penuh untuk yang dilengkapi baterai ganda. Sementara pengisian daya listriknya membutuhkan waktu maksimal 5 jam.

Motor listrik ini menggunakan dinamo yang terhubung secara langsung di roda sehingga mengurangi peluang kehilangan daya. Sehingga, motor listrik ini memiliki daya angkut mencapai 225 Kg.

Baca juga: Selis E-Max, Electric Chopper dari Pulau Dewata

Test ride Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Test ride Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

E-Max dibekali rem cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem hidrolis. dan diameter roda 10 inci dengan ban tubeless. Sehingga pengendara akan merasa lebih percaya diri saat berkendara.

Motor listrik ini juga dilengkapi tiga percepatan yang bisa disesuaikan dengan tombol. Sehingga, berkendara menjadi lebih aman dan nyaman menyesuaikan kondisi jalan.

Untuk keamanan E-Max dibekali keyless yang artinya bisa dioperasikan bila sensor mendeteksi keberadaan kunci di sekitar. Selain itu, juga dilengkapi alarm anti maling, immobilizer dan GPS tracking untuk pelanggan yang menginginkan fitur tersebut.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Spesifikasi Motor Listrik Alva One

Test ride Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Test ride Selis E-Max di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Selis juga menyediakan garansi 5 tahun untuk rangkanya, 1 tahun dinamo, 3 bulan charger dan controller dan 1 tahun baterai.

Sementara harganya sendiri mulai Rp 22 juta untuk yang baterai tunggal dan Rp 28 juta untuk yang dilengkapi baterai ganda. Jumlah baterai tersebut tentu menentukan kemampuan motor ini menempuh jarak tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.