Harga BBM Naik Bisa Dongkrak Minat Beli Motor Listrik

Kompas.com - 12/09/2022, 10:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS. com – Kenaikan harga produk Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia  menuai banyak kritikan dari masyarakat.

Bagi pengguna kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari tentunya mau tidak mau harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli BBM.

Maka dari itu, berbagai cara kini dilakukan untuk mengatasi kenaikan BBM, salah satunya dengan melirik motor listrik.

Baca juga: Ganti Shockbreaker Belakang Motor, Jangan Asal Nungging

Pengamat otomotif sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan jika pamor motor listrik akan naik di era BBM naik.

“Menurut saya di era kenaikan BBM ini permintaan untuk kendaraan roda dua akan meningkat sampai dua kali lipat dalam waktu yang singkat,” kata Yannes kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).


Selain karena masyarakat mulai tahu naiknya harga BBM terbaru, Yannes menyebutkan ada faktor lain yang membuat motor listrik makin banyak diminati.

Salah satunya yaitu biaya operasional pakai motor listrik yang dianggap lebih murah. Jika secara kalkulasi, biaya operasional motor listrik hanya seperlima dari motor yang menggunakan BBM.

Parade motor listrik di Bali yang diikuti oleh Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, dan Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam rangka mengedukasi masyarakat dan ajang pembuktian kepada dunia bahwa perhelatan G20 didukung motor dan transportasi listrik, Kamis (1/9/2022).dok.ESDM Parade motor listrik di Bali yang diikuti oleh Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, dan Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam rangka mengedukasi masyarakat dan ajang pembuktian kepada dunia bahwa perhelatan G20 didukung motor dan transportasi listrik, Kamis (1/9/2022).

“Apalagi dengan sekarang BBM naik itu jadi makin menarik. Jadi biaya operasional motor listrik akan lebih murah jika dibandingkan motor biasa,” kata Yannes.

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata, Banyak Bus Tidak Laik Jalan dan Tetap Beroperasi

Tidak hanya itu, motor listrik lebih sedikit memiliki suku cadang penggerak sehingga dari segi pemeliharaan sangat murah jika dibandingkan dengan motor menggunakan bahan bakar
Hanya saja permasalah ekosistem  motor listrik yaitu harga listrik yang juga ikut naik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.