Kompas.com - 09/09/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren desain di dunia otomotif terus berkembang. Belakangan ini, terlihat tren tersebut juga diaplikaskan pada beberapa mobil, bahkan dengan merek berbeda.

Jika diperhatikan, tren desain pada sejumlah mobil terlihat banyak kemiripan. Contohnya, desain lampu depan yang menyipit, lampu belakang yang menyatu, hingga tata letak dasbor dengan head unit floating di bagian tengah

Baca juga: Pakai Platform Sama, Ini Perbedaan Desain Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6.

Biasanya, dalam mengembangkan mobil, setiap pabrikan akan melakukan survey pada konsumennya untuk mengetahui mobil seperti apa yang diinginkan pasar.

Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripanKompas.com/Donny Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripan

Mark Yosua Widjaja, Industrial Design Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, kemiripan pada beberapa mobil terjadi bukan karena hasil surveynya. Menurutnya, semua produk itu memiliki inspirasi yang kurang lebih sama.

"Kecuali kita muncul dengan sesuatu yang sangat berbeda. Wajar ya, seperti rumah. Rumah itu dari waktu ke waktu, masing-masing itu sama. Terus kalau kita lihat rumah-rumah sekarang di BSD, terus kita ke Jepang juga mirip-mirip," ujar Mark, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ulas Desain Eksterior Hyundai Stargazer, Usung Konsep Futuristik

Mark menambahkan, tren itu tidak hanya datang dari mobil. Namun, terkadang dari gaya hidup juga, lalu dikembangkan dari sana.

Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripanKompas.com/Donny Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripan

"Biasanya, yang lebih banyak terjadi yang mirip-mirip. Tapi, bukan berarti saling meng-copy," kata Mark.

Hal yang senada disampaikan juga oleh Akbar Juniarto, Styling Design Section Head PT Toyota Astra Motor (TAM). Menurutnya, dunia otomotif tidak jauh berbeda dengan gawai.

"Biasanya, ada satu flagship dari brand tertentu yang menjadi trendsetter. Ditambah, ditunjang dengan teknologi yang semakin mudah untuk dibuat dan semakin murah produksinya," ujar Akbar kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Car&Vintage (@car_vintage)

Akbar menambahkan, inspirasi bisa datang dari hal apa pun. Contohnya, mobil klasik Fiat 500 Spiaggina yang dibuat oleh Carrozzeria Boano tahun 1958. Inspirasinya datang dari kebiasaan berjemur di teras rumah.

"Apalagi, bagian interior. Biasanya, terpengaruh dari tren busana juga," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.