Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Boleh Aki Bebas Perawatan Ditambah Air Aki?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa jenis aki atau baterai mobil di pasaran, salah satu yang digemari masyarakat adalah aki bebas perawatan. Pada jenis ini, pemilik mobil tidak diperlukan lagi mengecek air aki.

Jika diamati, aki jenis ini ada yang masih menggunakan air aki, hanya saja lubang pengisiannya ditutup sehingga meninggalkan kesan bebas perawatan. Tutup tersebut juga mudah untuk dibuka, jadi berpotensi ditambah air oleh pemilik kendaraan.

Lantas, apakah boleh menambah air aki pada aki bebas perawatan?

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan aki bebas perawatan tidak selalu berjenis aki kering, masih ada yang menggunakan air aki sebagai zat penyimpan listrik.

“Bisa, tapi tidak boleh, sebenarnya aki bebas perawatan bukan berarti kering, aki ini tetap ada airnya, tapi tidak boleh ditambah. Karena di tutup bagian atas itu ada seal yg ngunci biar air yg di dalam aki tidak bisa menguap, akhirnya airnya tidak bakal kurang,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022)

Dia mengatakan penambahan air aki pada aki bebas perawatan akan membuka saluran pengisian yang bisa membuat air aki menguap.

“Aki bebas perawatan yang airnya ditambah maka segel sealnya sudah pasti rusak, kalau sudah seperti itu tidak ada lagi keistimewaan aki bebas perawatan, pemilik kendaraan harus selalu nambah selayaknya aki basah,” ucap Alfiyan.

Jadi, aki bebas perawatan sengaja ditutup lubang pengisiannya agar tidak terjadi penguapan, hal itu yang membuat aki bebas perawatan istimewa.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/09/111200715/apa-boleh-aki-bebas-perawatan-ditambah-air-aki-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke