Kompas.com - 07/09/2022, 17:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Aki zuur atau cairan asam sulfat merupakan cairan yang mengandung senyawa H2SO4 yang digunakan untuk mengisi aki. Cairan ini bersifat asam, mudah bereaksi dengan benda logam, korosi dan gatal jika kena kulit manusia.

Cairan asam sulfat mampu menyimpan serta menyalurkan arus listrik dengan baik sehingga jenis senyawa ini dijadikan cairan elektrolit pada aki. Cairan ini dijual di pasaran dengan kemasan botol merah.

Air aki zuur digunakan untuk pertama kali mengisi aki dari kondisi kosong. Lantas, perlu kah mengganti aki zuur?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air AC Bagus untuk Menambah Air Aki?

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan aki zuur dibutuhkan untuk mengisi aki baru dan tidak perlu dikuras selama kondisi aki baik-baik saja.

“Isi aki zuur sebenarnya digunakan untuk aki baru buka segel, kalau buat isi ulang pakai air aki biasa yang kemasannya biru, kecuali aki yang lama tidak dipakai sekitar sebulan atau lebih, bisa diganti air zuurnya,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan ketika aki sudah lama tidak digunakan, berat jenis air aki akan mengalami penurunan sehingga pada kondisi tertentu perlu diganti atau dikuras.

Baca juga: Tambah Air Aki, Baiknya Pakai Botol Merah atau Biru?

Ilustrasi tambah air akiSuparna Ilustrasi tambah air aki

“Kalau aki tidak dipakai lama kan tidak ada reaksi kimia, sehingga air aki menjadi tidak bermuatan listrik, standar berat jenis air aki kisaran 1,270-1,300, jika kurang dari itu sudah jelek,” ucap Wawan.

Dia mengatakan aki yang sudah drop bisa dicoba diisi daya terlebih dulu, sebelum diputuskan perlu kuras aki zuur atau tidak. Kondisi sel di dalam aki juga menentukan aki masih dapat tertolong atau harus diperbaiki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.