Kompas.com - 07/09/2022, 10:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Air aki bisa berkurang seiring usia pemakaian, maka dari itu stok air aki di rumah perlu diadakan agar sewaktu-waktu bisa digunakan untuk menambah volume.

Jika memang stok air aki di rumah habis, dalam keadaan darurat katanya boleh menggunakan air AC untuk menambah.

Lantas, apakah benar air AC bagus untuk menambah air aki?

Baca juga: Tambah Air Aki, Baiknya Pakai Botol Merah atau Biru?

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Pemilik Best Aki Arie, mengatakan penggunaan air AC untuk menambah air aki hanya boleh dilakukan ketika darurat saja, disarankan tetap menggunakan air aki.

“(menggunakan air AC untuk menambah air aki) dalam keadaan darurat tidak apa-apa, tapi disarankan tetap memakai air demineral atau air aki yang dikemas dengan botol biru,” ucap Arie kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan air demineral yang dijual di pasaran dengan kemasan biru itu air yang sudah disuling sehingga tidak ada mineral yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta Air Aki Bisa Busuk?

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

Air AC sebenarnya sama juga, karena air itu dihasilkan dari proses penyulingan alami, tapi yang menjadi masalah adalah proses penampungannya,” ucap Arie.

Dia mengatakan wadah atau saluran yang digunakan untuk menampung air AC harus benar-benar steril. Jika tidak, maka air AC cenderung akan terkontaminasi dengan zat-zat lainnya.

Maka dari itu, Arie menyarankan untuk tetap menggunakan air aki dengan kemasan botol biru untuk menambah, kecuali dalam keadaan darurat dia mengatakan masih bisa ditoleransi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.