Kompas.com - 07/09/2022, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) C berlaku untuk orang yang mengemudikan kendaraan bermotor (ranmor) jenis sepeda motor, dengan kapasitas silinder sampai dengan 250 cc.

Untuk motor di atas 250 cc, ada SIM lain yang harus dimiliki oleh pengendara sebagai bukti kompetensi seseorang dalam mengemudikan kendaraan tersebut. SIM C terbagi lagi menjadi SIM CI dan SIM CII.

Namun, ada prosedur dan syarat tertentu yang harus dilalui oleh pemohon SIM sebelum memperoleh SIM CI dan SIM CII. Prosedurnya bertahap, sehingga pemohon tidak bisa langsung membuat SIM CI ataupun SIM CII tanpa memiliki SIM C.

Baca juga: Tanpa SIM Internasional, Warga Indonesia Bisa Berkendara di Negara Ini

Untuk diketahui, SIM CI berlaku untuk mengemudikan ranmor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder di atas 250 cc atau ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Sedangkan SIM CII berlaku untuk mengemudikan ranmor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc. SIM CII juga berlaku untuk ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Mengacu kepada Peraturan Kepolisian Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, berikut ini adalah syarat pembuatan SIM CI dan SIM CII bagi pemohon.

Ilustrasi SIM A dan SIM C. Pelayanan SIM di Polda Metro Jaya tutup hingga Minggu (8/5/2022).
KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi SIM A dan SIM C. Pelayanan SIM di Polda Metro Jaya tutup hingga Minggu (8/5/2022).

Baca juga: KIA Sonet X-Line Meluncur, Harga Rp 240 Jutaan

SIM CI

Untuk dapat memiliki SIM CI, pemohon sudah harus memiliki SIM C terlebih dahulu. SIM C yang dimiliki juga harus telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM C tersebut diterbitkan.

SIM CII

Untuk dapat memiliki SIM CII, pemohon sudah harus memiliki SIM CI terlebih dahulu sebagai syarat utamanya. Kemudian, SIM CI yang dimiliki telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM CI tersebut diterbitkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.