Kompas.com - 05/09/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya harga bahan bakar membuat sebagian besar masyarakat berpikir keras. Mau tidak mau, kenaikan harga tersebut harus dihadapi. Tidak mungkin juga mengurung diri dengan tidak berkendara.

Biar pun harga bahan bakar mahal kita tetap akan membelinya karena butuh. Karena bagaimana pun, mobilitas tetap harus berjalan agar setiap aktivitas bisa terselesaikan dengan baik.

Maka dari itu, salah satu cara agar pengeluaran tidak membengkak maka perlu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar pada setiap kendaraan khususnya mobil.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Arti Indikator Eco pada Mobil

Panel speedometer Suzuki Ignis AGSDicky Aditya Wijaya Panel speedometer Suzuki Ignis AGS

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan ada dua faktor yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar, dari mobilnya sendiri dan dari cara berkendara.

“Kalau dari mobilnya, coba lah servis berkala secara rutin, sesuai saran penggantian part atau oli di buku servis, misal ada part yang sudah jelek seperti filter udara pampat, itu kan berpengaruh ke banyaknya bahan bakar yang masuk ke ruang bakar,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Dia juga mengatakan pengisian bensin harus sesuai dengan jenis yang disarankan oleh pabrik, misal harus pakai RON 92 maka ya diisi 92, jangan di bawahnya atau di atasnya.

Baca juga: Pakai Eco Idle, Daihatsu Klaim Terios Lebih Irit dan Ramah Lingkungan

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. Kompas.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

“Perilaku pengendara juga menentukan tingkat efisiensi bahan bakar, bisa melihat pada MID yang indikator ECO sebagai panduan, di sana akan terlihat pergerakan indikator batang bergerak ke kanan dan ke kiri, menggambarkan boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar,” ucap Didi.

Dia mengatakan dalam dan tidaknya injakan pedal gas akan menentukan boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar.

Sementara itu, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan efisiensi konsumsi bahan bakar bisa ditingkatkan dengan bijak memilih rute, memperbaiki perilaku mengemudi serta merawat kendaraan secara teratur.

Baca juga: Cara Kerja Eco Idle System Terios, AC Tetap Aktif meski Mesin Mati

Memantau putaran mesin lewat tachometerKompas.com/Erwin Setiawan Memantau putaran mesin lewat tachometer

“Pilih rute dan waktu yang efisien (bisa menggunakan bantuan Google Maps), kendarai mobil dengan eco driving, serta melakukan perawatan kendaraan secara berkala,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Dia juga menjelaskan eco driving bisa dilakukan dengan memperhatikan injakan pedal gas dan penggunaan gigi transmisi.

“Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan penggunaan gigi transmisi, jalankan kendaraan secara konstan, bila diperlukan menaikkan kecepatan secara bertahap, cara tersebut bisa sedikit menyiasati tingginya harga bahan bakar,” ucap Bambang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.