Cara Kerja Eco Idle System Terios, AC Tetap Aktif meski Mesin Mati

Kompas.com - 17/09/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi Daihatsu Terios Dok. ADMIlustrasi Daihatsu Terios
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penyempurnaan minor terhadap produk sport utility vehicle alias SUV berharga terjangkaunya, Terios dalam upaya meningkatkan kenyamanan para pengguna di dalam negeri.

Salah satu fitur atau teknologi yang diunggulkan ialah Eco Idle System yang mana mampu membuat mobil lebih hemat bahan bakar 5-10 persen ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Dalam jangka waktu panjang, besutan tersebut juga berkontribusi terhadap pengurangan gas emisi yang dihasilkan oleh kendaraan di Indonesia. Sebab, mesin mobil akan mati ketika sensor mendeteksi tak ada percepatan.

Baca juga: Pembaruan Terios, Pakai Eco Idle System, VSC dan HSA

Terios Eco Idle System Terios Eco Idle System

"Eco Idle System ialah sebuah teknologi yang dapat mematikan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti beberapa saat. Tujuannya, untuk meningkatkan fuel consumption," kata Yasuo Sahasi, Head Test & Validation Division Research and Development PT ADM, Jumat (17/8/2021).

"Ini sudah saya tes sendiri di Jakarta dengan keadaan yang macet. Hasilnya, konsumsi BBM lebih efisien 5-10 persen," lanjut dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun syarat mengaktifkan fitur tersebut, cukup mudah yaitu pastikan laju kendaraan tengah terhenti (0 kpj), tuas transmisi di posisi D atau drive, serta menginjak rem.

Namun dalam jalanan yang terjal atau curam, sensor tidak selalu membaca untuk mengaktifkan Eco Idle System. Untuk keamanan bersama, dibatasi akan hanya aktif dengan maksimum kemiringan 5 derajat.

Walau demikian, mobil sudah disematkan Hill Start Assist (HSA) yang menjaga mobil agar tidak mundur saat dijalanan curam atau terjal. Pengemudi cukup tekan rem saja untuk menghentikan laju mobil secara penuh.

Baca juga: Disebut Tak Ada Cacat Produksi, Ini Tanggapan Mantan Bos Jeep Indonesia

Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara Daihatsu Terios 7 Wonders jelajah Kolaka, Sulawesi Tenggara

"Pastikan juga bahwa Eco Idle System sudah On, karena bisa dinonaktifkan. Sementara mengenai HSA, kalau ingin melaju kembali cukup di gas lagi, tak perlu parking brake ," kata Yasuo.

Meskipun mesin mati, penumpang dan pengemudi di Terios jangan khawatir akan kepanasan karena air conditioner (AC) akan tetap menyala untuk menjaga suhu kabin 22 derajat celcius.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.