Buat yang Belum Tahu, Ini Arti Indikator Eco pada Mobil

Kompas.com - 13/04/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa mobil, indikator eco di dasbor mobil seringkali menyala saat mobil sedang melaju. Indikator eco ini berbeda dengan mode berkendara seperti eco mode.

Jika eco mode merupakan mode tambahan pada mobil, indikator eco menandakan bahwa mobil melaju dengan mengkonsumsi bahan bakar secara efisien atau tidak boros. Lampu indikator eco biasanya berwarna hijau.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, eco mode merupakan mode berkendara yang lebih hemat bahan bakar atau efisien.

Baca juga: Ini Arti Mode Berkendara pada Mobil

Sedangkan indikator eco tidak dipicu oleh aktifnya eco mode. Bahkan, seringkali mode eco ini ada pada mobil yang tidak memiliki opsi mode berkendara.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, indikator eco menyala dipicu oleh cara berkendara pengemudi.

"(Indikator eco) bukan mode berkendara, namun sebagai acuan untuk pengemudi saat menginjak gas untuk berkendara secara efisien," ujar Didi kepada Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Tiga mode berkendara All New VelozKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tiga mode berkendara All New Veloz

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Didi memaparkan, indikator eco akan menyala tergantung dari bagaimana pengemudi berkendara, misalnya saat menginjak pedal gas terlalu dalam maka indikator tersebut tidak akan menyala.

Aktifnya indikator eco bukan dilihat dari kecepatan atau laju mobil saat sedang dikendarakan. Patokannya, lanjut Didi, ECU yang akan membaca mana cara berkendara yang efisien dan mana yang tidak.

"Misalnya, kita injak pedal gas terlalu dalam. Indikator eco enggak menyala. Namun, pada saat kita angkat sedikit pedalnya, indikator akan menyala," ujar Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.