Kompas.com - 05/09/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada saat ini, pengusaha bus mengeluhkan sulitnya mendapatkan ban bus, terutama model tubeless radial. Salah satu langkah buat menyiasatinya adalah dengan memakai ban vulkanisir.

Vulkanisir ban memang umum dilakukan pada ban bus dan truk. Jadi ban yang sudah habis alurnya, selama kondisi casing masih baik, maka bisa ditempel lagi telapak alur baru yang masih tebal.

Lalu seberapa aman menggunakan ban vulkanisir jika dibandingkan dengan ban yang baru?

Baca juga: Ban Truk dan Bus Mulai Langka di Indonesia

Bus AKAP baru PO Sinar JayaDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Sinar Jaya

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, penggunaan ban vulkanisir sangat aman dan ekonomis karena harganya yang lebih murah daripada membeli ban baru.

"Aman banget, dengan syarat tempat vulkanisirnya yang punya kualitas bagus, jangan yang asal-asalan," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Zulpata menjelaskan, jika melakukan vulkanisir di tempat yang asal-asalan, hasilnya tidak akan baik. Contoh kasus, telapak yang baru dipasang bisa saja terlepas saat bus berjalan.

Baca juga: Tempuh 110 Km, Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Hyundai Stargazer


"Telapaknya bisa terlepas dari casing ban, mudah terlepas. Apalagi dengan muatan yang berat, kecepatan tinggi, manuver yang tajam," ucap Zulpata.

Secara aturan, ban vulkanisir boleh saja dipasang pada bus, namun hanya untuk as roda belakang. Sedangkan di depan, harus menggunakan ban baru, tidak disarankan pakai vulkanisir.

"Secara amannya, aman saja dipakai di depan juga yang vulkanisir, namun itu tadi, harus yang kualitasnya baik. Terkair peraturan pemerintah, kita harus ikuti (vulkanisir hanya untuk as roda belakang)," kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.