Kompas.com - 05/09/2022, 13:18 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar hingga 35 persen disinyalir akan berdampak terhdap berbagai sektor tak terkecuali otomotif.

Hal tersebut seiring dengan adanya penyesuaian harga pada aktivitas maupun barang tertentu karena peningkatan biya belanja BBM. Walau begitu, Auto2000 selaku bengkel resmi Toyota Indonesia memastikan biaya servis belum berubah.

"Belum ada ke arah situ (kenaikan harga). Sampai saat ini kita masih memakai harga yang berlaku sebelum ada kenaikan harga BBM, baik untuk spare part maupun jasa," kata Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Ketahui Dampak Mobil Modern Tenggak Bensin Ron 89

Ilustrasi SPBU Pertamina
Dok. Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina

Sehingga konsumen atau pengguna mobil Toyota yang hendak melaksanakan servis di bengkel resmi khususnya Auto2000, tidak perlu khawatir untuk harga berlaku usai BBM naik.

Namun tak ditampik bahwa perseroan akan terus memantau perkembangan pasar dan ekonomi Indonesia untuk mengambil keputusan atau langkah krusial dalam keberlangsungan bisnis, termasuk soal kenaikan harga.

"Mungkin dalam waktu dekat, hanya butuh waktu penyesuaian saja ya, karena kebutuhan BBM pada kendaraan sifatnya tidak bisa ditunda. Kecuali kalau ada switching dari pemakaian mobil ke motor yang masif, itu baru dampak langsung ke bengkel," kata dia.

Baca juga: Biar Konsumsi BBM Mobil Makin Irit, Perhatikan 4 Hal Ini

Auto2000 ICON menawarkan layanan penjualan dan purnajual di mana saja.Istimewa Auto2000 ICON menawarkan layanan penjualan dan purnajual di mana saja.

"Tetapi kalau kebutuhan masyarakat untuk naik mobil tinggi, mau tidak mau ya akan utlisasi, namun kebutuhan bengkel tetap. Terkhusus bagi kendaraan baru," tambah Tara.

Dalam kesempatan sama, ia pun mengimbau agar tiap pengguna kendaraan menggunakan BBM yang sesuai spesifikasi dan anjuran pabrikan supaya kerja mesin optimal, serta menghindari hal-hal tak diinginkan dalam jangka panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.