Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Simpang Jalan di Kota Yogyakarta Akan Dilengkapi ATCS

Kompas.com - 02/09/2022, 08:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan semua simpang jalan yang memiliki lampu lalu lintas akan dilengkapi dengan Area Traffic Control System (ATCS) dalam tiga tahun mendatang.

Hal tersebut guna mendukung manajemen lalu lintas di DIY agar semakin baik. Pasalnya, melalui sistem pengendalian berbasis teknologi informasi ini, petugas dapat melihat secara langsung kondisi lalu lintas dan terkoneksi.

"Hingga saat ini sudah ada 32 dari total 58 simpang yang dilengkapi ATCS. Sisa lainnya, diharapkan dapat dilengkapi dalam waktu tiga tahun anggaran," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Pengemudi Mobil Ngamuk Ditegur karena Merokok

 Wali Kota Salatiga Yuliyanto meresmikan Area Traffic Control System (ATCS) yang dikelola Dinas Perhubungan di gedung eks Bagian Humas samping kantor walikota Salatiga, Selasa (11/6/2018).Arsip Humas Pemkot Salatiga Wali Kota Salatiga Yuliyanto meresmikan Area Traffic Control System (ATCS) yang dikelola Dinas Perhubungan di gedung eks Bagian Humas samping kantor walikota Salatiga, Selasa (11/6/2018).

Dengan demikian, diharapkan bahwa semua simpang jalan Kota Yogyakarta sudah dilengkapi ATCS pada akhir 2025.

Pada tahun ini, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menambah ATCS di dua simpang, yaitu simpang Pingit dan Bausasran. Pekerjaan ditargetkan selesai pada Oktober 2022 sehingga akhir tahun ini jadi total 34 simpang yang sudah dilengkapi ATCS.

Selama penerapan pada beberapa lokasi, Aman mengeklaim bahwa kontrol atas pengaturan lalu lintas sangat optimal. Hal itu mengingat jumlah petugas juga terbatas sehingga sangat membantu.

Kemudian, kondisi Kota Yogyakarta yang tidak terlalu luas dan 60 persen tata ruang keistimewaan berada di kota, jadi kendala untuk pengembangan sarana prasarana pendukung lalu lintas.

Oleh karenanya, salah satu upaya untuk mengatur lalu lintas yang makin padat khususnya pada akhir pekan dan libur nasional ialah melalui pemasangan ATCS.

Baca juga: Jalan di Kemayoran Mulai Ditutup Besok, Persiapan Street Race

Situasi ruang kerja  Area Traffic Control System (ATCS) yang nerupakan markas CCTV bersuara, Jumat (15/9/2017).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Situasi ruang kerja Area Traffic Control System (ATCS) yang nerupakan markas CCTV bersuara, Jumat (15/9/2017).

"Dengan ATCS juga, pengaturan durasi lampu lalu lintas bisa dilakukan secara langsung. Tinggal mengatur dari sistem menambah atau mengurangi durasinya sehingga arus lalu lintas jadi lebih lancar," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto.

Adapun kebutuhan anggaran untuk pengadaan ATCS sendiri cukup besar, yaitu mencapai Rp 400 juta per simpang. Namun, ia mengatakan, hal tersebut dapat ditekan jika tidak semua kelengkapan dipasang seperti running text.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com