Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pertamina Turunkan Harga, Ini Banderol BBM Nonsubsidi per September 2022 | Setelah Muncul Hyryder, Akan Hadir Lagi Tiga Mobil Baru Toyota

Kompas.com - 02/09/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki bulan September 2022, PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi, seperti Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Implementasi harga baru BBM nonsubsidi mengacu Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Dilansir dari situs resmi Pertamina (1/9/2022), Pertamax Turbo turun sekitar Rp 2.000 per liter, dari semula dijual dengan harga Rp 17.90 –Rp 18.600, kini menjadi Rp 15.900–Rp 16.250.

 

Selain itu, Toyota Urban Cruiser Hyryder baru saja diperkenalkan di India. Bahkan dalam waktu dekat SUV dengan pilihan mesin mild hybrid dan full-hybrid ini akan diumumkan harganya.

Dikutip dari Indiacarnews.com, setelah hadirnya Hyryder, Toyota akan memperkenalkan tiga model terbaru lain. Dikabarkan, tiga model tadi terdiri dari dua SUV yakni SUV Cross, New Fortuner, dan satu MPV yakni Innova Hycross.

Untuk Innova, semua komponennya akan baru, baik desain, platform, sampai ke bagian kabin. Kabarnya di India, Innova dengan nama Hycross ini akan dijual beriringan dengan model Innova yang ada saat ini.

Berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 1 September 2022 :

1. Pertamina Turunkan Harga, Ini Banderol BBM Nonsubsidi per September 2022

Sementara itu, Dexlite turun Rp 700 per liter, dari semula dijual dengan harga Rp 17.800–Rp 18.500, kini menjadi Rp 17.100–Rp 17.450.

Sedangkan Pertamina Dex turun Rp 1.500 per liter, dari semula dijual dengan harga Rp 18.900–Rp 19.600, kini menjadi Rp 17.400–Rp 17.750.

Sebagai informasi, penurunan harga BBM nonsubsidi berlaku di semua provinsi di Indonesia. Adapun BBM subsidi Pertalite, Solar, dan Pertamax masih mengacu pada harga lama.

Baca juga: Pertamina Turunkan Harga, Ini Banderol BBM Nonsubsidi per September 2022

2. Setelah Muncul Hyryder, Akan Hadir Lagi Tiga Mobil Baru Toyota

Toyota Innova Hycross yang diyakini sebagai Innova hybrid dikabarkan siap meluncurDok. Andra Febrian Design Toyota Innova Hycross yang diyakini sebagai Innova hybrid dikabarkan siap meluncur

Dikabarkan kalau Innova dengan layout penggerak depan dan monokok ini diperkenalkan pada November 2022, sedangkan resmi meluncur di Januari 2023. Selain itu, Innova terbaru akan memakai basis TNGA-C.

Kemudian, Innova Hycross akan dibekali dengan mesin 2.000 cc dengan hybrid. Penasaran apakah pilihan mesin ini juga akan dihadirkan Toyota Indonesia untuk generasi terbaru Innova.

Berikutnya untuk SUV Cross yang kabarnya hasil kolaborasi dari Maruti Suzuki dan Toyota. Dikabarkan akan diperkenalkan pada Januari atau Februari 2023 di India.

Baca juga: Setelah Muncul Hyryder, Akan Hadir Lagi Tiga Mobil Baru Toyota

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com