Kompas.com - 29/08/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah kepastian Enea Bastianini yang bergabung dengan tim pabrikan Ducati Lenovo, kemudian Jorge Martin yang bertahan di tim Pramac Racing, masih ada tujuh kursi kosong yang tersedia untuk MotoGP musim 2023.

Meski terbilang banyak, sebetulnya kursi yang masih kosong tersebut sudah hampir pasti milik salah seorang pembalap.

Misalnya saja kursi di tim Repsol Honda yang sebelumnya ditempati Pol Espargaro, yang musim depan bakal membela tim Gasgas Factory Racing.

Baca juga: Motor Listrik Honda Meluncur Paling Lambat 2024

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. Terkini, Joan Mir tengah mengalami cedera sehingga harus digantikan oleh pebalap Jepang, Kazuki Watanabe, pada seri MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia, 2-4 September 2022.AFP/ADRIAN DENNIS Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. Terkini, Joan Mir tengah mengalami cedera sehingga harus digantikan oleh pebalap Jepang, Kazuki Watanabe, pada seri MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia, 2-4 September 2022.

Kursi tersebut sudah pasti ditempati oleh Joan Mir, yang kabarnya akan mendapat kepastian segera dari tim Repsol Honda.

Sayangnya untuk sekarang Mir sedang dilanda cedera. Proses ataupun pengumuman soal masa depannya pun harus tertunda, paling tidak sampai pebalap tersebut sembuh.

Lalu, di tim satelit LCR Honda juga masih ada satu kursi, yang kini diperebutkan oleh sejumlah pebalap. Ai Ogura yang sekarang memimpin klasemen Moto2 2022 pun menjadi calon utama tim LCR, meski masih ada peluang buat Takaaki Nakagami untuk bertahan.

Baca juga: Biaya Isi Full Tank Avanza dan Xpander jika Pertalite Naik

Dari kubu Ducati, tim VR46 Racing masih belum menentukan dua pebalapnya. Walaupun bisa dipastikan Luca Marini dan Marco Bezzecchi kemungkinan besar akan bertahan.

Kemudian, kursi kedua Gasgas Factory Racing juga masih menjadi misteri, mengingat ada Remy Gardner dan Miguel Oliveira yang berpeluang untuk membela merek baru di kelas premier ini.

Namun, Remy Gardner sudah berulang kali mengungkap bahwa peluangnya hampir sirna untuk bertahan di grid MotoGP.

Baca juga: Daftar 5 Wilayah di Indonesia dengan Populasi Mobil Terbanyak

Miguel Oliveira dedikasikan kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, staf hotel tempatnya menginap. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Miguel Oliveira dedikasikan kemenangan di MotoGP Mandalika untuk Risman, staf hotel tempatnya menginap. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Sedangkan Miguel Oliveira yang sempat menolak tawaran KTM, kini dikabarkan tertarik setelah Tech3 rebranding dengan nama Gasgas.

Lalu ada dua kursi kosong lagi di tim RNF Aprilia, di mana salah satu pebalapnya hampir dipastikan adalah Raul Fernandez yang sudah menyelesaikan permasalahan kontraknya dengan KTM.

Adapun, kursi lainnya masih menjadi teka-teki dan tampaknya semua bakal tergantung pada keputusan Miguel Oliveira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.