Kompas.com - 28/08/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu produsen kendaraan roda dua terkemuka di India, Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI), berencana untuk meluncurkan motor listrik pertamanya.

Dilansir dari Financial Express (28/8/2022), motor listrik ini bakal diluncurkan dalam rentang waktu 1-2 tahun ke depan. Artinya, motor ini paling cepat meluncur pada 2023 dan paling lambat 2024.

Seperti diketahui, setelah melalui tahap studi kelayakan, kini HMSI telah bergerak ke tahap pengembangan untuk motor EV perdana.

Baca juga: Baru Meluncur, Legacy SR3 Buatan Laksana Siap Ekspor

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

Sebagai informasi, India akan mengadopsi regulasi OBD 2, yang mengatur emisi lebih ketat mulai April 2023. Pabrikan roda dua pun harus berpacu dengan waktu untuk memenuhi regulasi tersebut.

"Kami sedang dalam tahap pengembangan terkait dengan sepeda motor kelas bawah. Kami harus memenuhi peraturan emisi baru untuk tahun anggaran berikutnya,” ujar Atsushi Ogata, Presiden, Direktur Pelaksana, dan CEO HMSI, dikutip dari Financial Express (28/8/2022).

"Tahun depan di segmen menengah ke atas ada satu di segmen 160 cc. Tahun depan juga ada skutik 125 cc. Tahun depan juga akan kami perkenalkan model baru di kategori 300-350 cc,” kata Ogata.

Baca juga: Biaya Isi Bensin Full Tank Nmax dan Beat jika Pertalite Naik

Selain aturan emisi yang baru, ketersediaan semikonduktor yang terus meningkat juga jadi alasan Honda meluncurkan beberapa jenis motor hingga beberapa tahun ke depan.

“Sejak awal tahun ini, berkat pembukaan kembali sekolah dan pembukaan kembali kantor, kami dapat melihat momentum yang sangat positif bahkan dari daerah pedesaan,” ucap Oguta.

“Kami menjaga momentum yang baik dibandingkan dengan tiga tahun terakhir. Kami memiliki permintaan meriah yang datang dan masalah kekurangan cip semakin baik,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.