Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wilayah di Indonesia dengan Populasi Motor Terbanyak

Kompas.com - 28/08/2022, 16:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor menjadi salah satu jenis kendaraan bermotor yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.

Hampir setiap jalan mudah ditemukan pengendara yang menggunakan motor sebagai pilihan transportasi menunjang mobilitas.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Tutup Pentil Besi Bisa Bikin Pelek Berkarat

Berdasarkan data jumlah kendaraan per polda yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Minggu (28/8/2022), jumlah pengguna motor di Indonesia mencapai 119.865.038 unit.

Kendati jumlahnya alami perubahan setiap hari, ada lima wilayah di Indonesia yang memiliki populasi kepemilikan motor terbanyak.

Jawa Tengah menjadi wilayah dengan jumlah motor terbanyak di Indonesia, yakni 17.415.562 unit.

 

Pemudik Motor Berdatangan dari Sumatra di Pulau Jawa via Pelabuhan MerakKOMPAS.COM/RASYID RIDHO Pemudik Motor Berdatangan dari Sumatra di Pulau Jawa via Pelabuhan Merak

DKI Jakarta menempati posisi kedua sebagai wilayah dengan jumlah pengguna motor sebanyak yaitu 16.959.070 unit. Lalu di posisi ketiga diduduki oleh Jawa Barat dengan jumlah kepemilikan sepeda motor 15.544.306 unit.

Posisi keempat diduduki oleh Jawa Timur dengan jumlah sepeda motor 13.728.412 unit. Sementara itu, Sumatera Utara berada pada posisi kelima dengan jumlah sepeda motor sebanyak 6.290.508 unit.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis SIM di Indonesia

Secara total keseluruhan jumlah kendaraan dari tiap pulau di Indonesia ada 150.079.714 unit per Minggu (28/8/2022). Mulai dari kepemilikan kendaraan di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku & Maluku Utara.

Bukan hanya motor, total tersebut hasil gabungan jenis kendaraan berupa mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor dan kendaraan khusus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com