Sering Terjadi Kecelakaan, 36 Pelintasan Kereta Liar di DKI Ditutup

Kompas.com - 28/08/2022, 14:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan dipelintasan kereta api masih marak terjadi. Bahkan tak jarang sampai menimbulkan korban jiwa, baik melibatkan pengendara sepeda motor maupun mobil.

Paling baru kecelakaan lalu lintas kereta api dengan pengendara motor saat melintas di KM 8+9 lintas Duri – Rawa Buaya, Jakarta Barat, pada Jumat (26/8/2022).

Guna mencegah adanya kecelakaan ulang, pihak Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta melakukan upaya keselamatan dengan melakukan penutupan pelintasan liar sesuai aturan perlintasan sebidang mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian.

Baca juga: Apakah Benar Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Bikin Kembangan Rusak?

“Daop 1 Jakarta menghimbau agar masyarakat tidak melakukan upaya membuka perlintasan liar dan menggunakan perlintasan resmi yang ada untuk keselamatan dan keamanan bersama,” kata Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (28/8/2022).

Eva mengingatkan kepada masyarakat atau pengguna jalan yang akan melintasi pelintasan KA apabila sirine sudah berbunyi dan palang menutup, dilarang menerobos dan membuka palang secara paksa.

“Pada pelintasan liar, kami menghimbau masyarakat lebih berhati-hati agar tidak sembarangan menyeberang dengan memastikan tidak ada kereta yang akan melintas,” kata dia.

Baca juga: Berburu Motor Bekas Bujet Rp 12 Jutaan, Bisa Dapat Suzuki GSX

Di area Daop 1 Jakarta saat ini terdapat 455 pelintasan dan 196 di antaranya merupakan pelintasan tidak resmi atau liar.

Pintu pelintasan sebidang JPL 30 Stasiun Pasar Senen rencananya akan ditutup oleh PT KAI.kompas.com/REZA AGUSTIAN Pintu pelintasan sebidang JPL 30 Stasiun Pasar Senen rencananya akan ditutup oleh PT KAI.

 

Untuk itu, sebagai bentuk dukungan mewujudkan keselamatan di pelintasan jalur KA, Daop 1 Jakarta memprogram akan menutup 67 pelintasan liar.

Adapun dari upaya penutupan pelintasan liar yang dilakukan oleh Daop 1 Jakarta bersama DJKA dan Pemda setempat sejak Januari 2022 sampai sekarang lebih dari 36 titik perlintasan dan 31 diantaranya merupakan perlintasan liar yang sudah ditutup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.