Kompas.com - 28/08/2022, 13:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Model dan tipe tutup pentil ban yang digunakan kendaraan memiliki jenis yang beragam. Ada yang dari karet dan juga besi.

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk model karet, tutup pentil bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Sedangkan, untuk besi, meski desainnya menarik dan terlihat kokoh, tapi berpotensi bisa berkarat yang nantinya dikhawatirkan mengalami kendala ketika dibuka. 

Tutup pentil besi yang berkarat jika tetap dibiarkan, maka ada menjalar ke bagian lainnya seperti pelek. 

Baca juga: Tarif Baru Ojek Online Segera Berlaku, Cek Rinciannya

Menurut Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia, meskipun besi lebih kuat dari karet, namun usia pakainya lebih awet karet.

Hal tersebut karena tutup pentil ban berbahan besi mudah berkarat dan keropos. Terlebih, bila musim hujan dan kendaraan sering digunakan melewati genangan air. 

Lubang udara banDicky Aditya Wijaya Lubang udara ban

"Kan posisinya dibawah pentil ban jadi sering sekali kecipratan bahkan terendam air. Kalau pakai yang model besi kemungkinan keropos lebih cepat semakin besar," ucap Aan kepada Kompas.com, Minggu (28/8/2022). 

Baca juga: Saat Kondisi Ban Mulai Tipis, Apakah Mobil Bisa Spooring?

Pentil ban berbahan karet juga dinilai lebih baik dalam menjaga tekanan udara. Kondisi tersebut karena sesuai prinsip fisika dasar, udara di dalam ruang hampa tak bisa keluar jika di tutup dengan bahan isolator. Tekanan udara akan lebih stabil. 

Berbeda jika menggunakan tutup pentil ban berbahan besi, selain risiko berkarat lebih tinggi, besi juga merupakan konduktor.

Sehingga tekanan udara ban bisa jadi media perpindahan energi udara, karena itu, dalam jangka waktu yang relatif sama ban bisa kempis lebih cepat. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.