Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Praktis, Ini Kegunaan Paddle Shift pada Mobil Matik

Kompas.com - 25/08/2022, 11:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Beberapa pabrikan mobil menyediakan fitur paddle shift pada jajaran produknya yang menggunakan transmisi matik.

Selain praktis, fitur yang terletak di balik kemudi ini menawarkan sensasi fun to drive bagi pengendara karena memungkinkan untuk memiliki kendali dalam mengatur perpindahan gigi transmisi layaknya mobil manual.

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, paddle shift pada mobil modern bukan menggantikan tuas transmisi, tugasnya hanya memberikan akses yang lebih praktis bagi pengemudi untuk melakukan perpindahan gigi. 

Baca juga: Bukan karena Oktan Rendah, Ini Penyebab Fuel Pump Rusak

Dengan demikian, pengemudi akan lebih fokus dan sigap ketika berkendara lantaran pengaturan perpindahan gigi bisa dilakukan tanpa melepas kemudi. 

Ilustrasi Paddle Shift Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi Paddle Shift

"Paddle shift berbentuk tuas yang ada di belakang kemudi, sebelah kiri (-) berguna untuk menurunkan gigi, sementara sebelah kanan (+) untuk menaikkan yang bisa difungsikan hanya menggunakan jari," ucap Andika, kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022). 

Dengan memiliki akses untuk pengaturan gigi transmisi, pengemudi juga dapat menurunkan transmisi ke gigi lebih rendah saat membutuhkan akselerasi. 

Bahkan adanya paddle shift dapat pula digunakan untuk mereduksi kecepatan mobil, terutama dalam keadaan darurat dengan melakukan engine brake. 

Baca juga: Perbandingan Rasa Berkendara Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla

Honda All New Civic RSKompas.com/Donny Honda All New Civic RS

"Ketika mengharuskan pengereman mendadak, atau di turunan panjang bisa memainkan paddle shift kemudi sebelah kiri untuk menurunkan posisi gigi transmisi," katanya. 

Meski mudah dan lebih praktis, Andika tetap menyarankan, para pengemudi mobil agar tak terlena, apalagi ketika melaju di jalan bebas hambatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com