Lebih Praktis, Ini Kegunaan Paddle Shift pada Mobil Matik

Kompas.com - 25/08/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Beberapa pabrikan mobil menyediakan fitur paddle shift pada jajaran produknya yang menggunakan transmisi matik.

Selain praktis, fitur yang terletak di balik kemudi ini menawarkan sensasi fun to drive bagi pengendara karena memungkinkan untuk memiliki kendali dalam mengatur perpindahan gigi transmisi layaknya mobil manual.

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, paddle shift pada mobil modern bukan menggantikan tuas transmisi, tugasnya hanya memberikan akses yang lebih praktis bagi pengemudi untuk melakukan perpindahan gigi. 

Baca juga: Bukan karena Oktan Rendah, Ini Penyebab Fuel Pump Rusak

Dengan demikian, pengemudi akan lebih fokus dan sigap ketika berkendara lantaran pengaturan perpindahan gigi bisa dilakukan tanpa melepas kemudi. 

Ilustrasi Paddle Shift Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi Paddle Shift

"Paddle shift berbentuk tuas yang ada di belakang kemudi, sebelah kiri (-) berguna untuk menurunkan gigi, sementara sebelah kanan (+) untuk menaikkan yang bisa difungsikan hanya menggunakan jari," ucap Andika, kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022). 

Dengan memiliki akses untuk pengaturan gigi transmisi, pengemudi juga dapat menurunkan transmisi ke gigi lebih rendah saat membutuhkan akselerasi. 

Bahkan adanya paddle shift dapat pula digunakan untuk mereduksi kecepatan mobil, terutama dalam keadaan darurat dengan melakukan engine brake. 

Baca juga: Perbandingan Rasa Berkendara Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla

Honda All New Civic RSKompas.com/Donny Honda All New Civic RS

"Ketika mengharuskan pengereman mendadak, atau di turunan panjang bisa memainkan paddle shift kemudi sebelah kiri untuk menurunkan posisi gigi transmisi," katanya. 

Meski mudah dan lebih praktis, Andika tetap menyarankan, para pengemudi mobil agar tak terlena, apalagi ketika melaju di jalan bebas hambatan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.