Kompas.com - 23/08/2022, 09:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Transmisi auto gear shift (AGS) diperkenalkan oleh Suzuki pada dua model, yakni Karimun Wagon R dan Ignis.

Kini produk terbarunya yang meluncur di ajang GIIAS 2022 juga ikut menggunakan AGS, yakni Suzuki S-Presso.  

Transmisi AGS sendiri pada dasarnya mirip dengan transmisi manual, tapi tanpa adanya pedal kopling yang perannya digantikan aktuator hidrolik.  

Baca juga: Bengkel Resmi di Jakarta Harus Punya Alat Uji Emisi Kendaraan

Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro menjelaskan, semua alur perpindahan gigi pada transmisi AGS diatur secara elektronik melalui Transmission Control Module (TCM).

Tuas transmisi AGS Suzuki IgnisKompas.com Tuas transmisi AGS Suzuki Ignis

"Jadi, sistem perpindahan gigi akan terjadi jika TCM membaca data putaran mesin tertentu, kemudian informasi akan di terima oleh ECU," ucap Andik, dihubungi Kompas.com, Selasa (23/8/2022). 

Lantaran dasarnya merupakan transmisi manual, sehingga pada tuas transmisi AGS tak dijumpai adanya kode P (parking).

Pengoperasian transmisi AGS bermula dari tuas yang berada pada posisi N (netral). Begitu juga saat berhenti.

Baca juga: Mengenal Lagi Arti Angka dan Huruf pada Tuas Mobil Matik

Bicara soal kelebihan yang ditawarkan, Andik menyebut, pada model transmisi AGS mempunyai fitur creeping, yakni kontrol kecepatan yang aktif saat jalan macet.

"Saat kondisi macet, fungsi creeping ini akan membuat mobil berjalan secara perlahan tanpa perlu menginjak pedal gas. Kelebihan lain, creeping bisa mencegah overheat pada transmisi" ujarnya. 

Suzuki S-Presso dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). S-Presso dibanderol Rp 155 juta untuk transmisi manual dan Rp 164 juta untuk AGS.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Suzuki S-Presso dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). S-Presso dibanderol Rp 155 juta untuk transmisi manual dan Rp 164 juta untuk AGS.

Berikutnya, transmisi AGS ini juga memiliki kemampuan engine brake yang baik. Hampir sama seperti mobil manual. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.