Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silau dari Spion Tengah Mobil, Coba Lakukan Ini

Kompas.com - 23/08/2022, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Spion tengah di dalam kabin merupakan komponen yang penting untuk menunjang keamanan saat berkendara.

Kaca tersebut bisa digunakan untuk memantau keamanan area belakang mobil baik saat di jalan atau mau parkir.

Namun, keberadaannya kadang cukup mengganggu ketika malam hari. Tak jarang lampu dari belakang memantul di kaca spion tersebut.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Spion di Kap Mesin Mobil

Input untuk dashcam pada spion tengah Wuling Air ev. Ini merupakan satu fitur baru yang disematkan pada mobil listrik pertama Wuling.KOMPAS.com/Serafina Ophelia Input untuk dashcam pada spion tengah Wuling Air ev. Ini merupakan satu fitur baru yang disematkan pada mobil listrik pertama Wuling.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan tidak semua kaca spion tengah mengganggu sebab ada yang terbuat dari bahan serta teknologi unggulan.

Spion tengah ada yang dibuat khusus tidak silau di mata, biasanya tersedia di mobil-mobil sedan menengah ke atas, untuk kaca spion biasa yang bagus, biasanya tersedia tuas reflektor untuk mengalihkan pantulan cahaya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Dia mengatakan bila kaca spion tidak dilengkapi reflektor, maka pengemudi perlu mengubah arah spion, tapi dengan mengaktifkan tuas reflektor untuk mode malam hari, maka secara otomatis pantulan cahaya tidak mengenai mata.

Baca juga: Bukan untuk Bercermin, Ini Fungsi Spion Tengah di Kabin Mobil

Kaca spion tengah jadi patokan visual belakangKOMPAS.com Kaca spion tengah jadi patokan visual belakang

“Lumayan fitur reflektor di kaca spion, memungkinkan pengendara tetap memantau kondisi belakang kendaraan tanpa silau, maka dari itu biasanya harga kaca spion jenis ini lebih mahal,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan lebih mahal lagi kaca spion tengah yang didesain khusus anti silau seperti yang disematkan di sedan-sedan menengah ke atas. Bahkan untuk mobil-mobil modern sudah banyak yang menggunakan kamera belakang sebagai pengganti kaca spion tengah. 

“Jika silau karena kaca spion tengah, ya solusinya ada beberapa pilihan, perlu mengubah arah spion saat silau, mengganti kaca spion yang yang dilengkapi reflektor atau kaca spion khusus anti silau, atau menggantinya dengan layar yang terhubung dengan kamera,” ucap Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com