Kompas.com - 20/08/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez kembali menampakkan diri di paddock MotoGP usai memutuskan mundur dari musim 2022.

Meski hadir hanya sebagai penonton, rider yang dijuluki The Baby Alien itu mengaku ingin segera kembali balapan. Hanya saja, dirinya harus menunggu lampu hijau dari sang dokter.

“Benar, niat saya adalah melakukan beberapa balapan di musim ini. Pekan depan saya akan mendapat jawaban apakah itu mungkin atau tidak (balapan),” ucap Marquez dikutip dari Crash, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Austria, Miller Tercepat, Quartararo Kelima

“Saya merasa cukup baik. Lengan ini telah menerima empat operasi, tetapi setidaknya sekarang berfungsi normal. Saya sudah melakukan beberapa latihan yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan,” lanjutnya.

Pebalap berusia 29 itu diketahui akan kembali menjalani pemeriksaan pada pekan depan. Dari hasil pemeriksaan tersebut, baru akan ditentukan apakah ada peluang untuk Marquez kembali mencicipi arena balap sebelum musim 2022 berakhir.

“Ketika saya merasa 70-80 persen bisa mengendarai motor dengan cara yang cukup bagus, saya akan kembali. Karena cara terbaik untuk rehabilitasi adalah berada di atas motor. Anda tidak bisa menunggu pulih 100 persen sebelum mengendarai sepeda motor,” katanya.

Bukan rahasia umum lagi, absennya Marquez membuat performa Honda menukik tajam. Saat pebalap andalannya cedera, tidak ada pebalap Honda lainnya yang bisa tampil kompetitif.

Baca juga: Demam Balap Simulator di GIIAS 2022, Hadiah Jutaan Rupiah

Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempatDok. @marcmarquez93 Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempat

Bahkan meski sudah absen di enam balapan, koleksi poin Marquez masih lebih tinggi dibanding tiga rider Honda lainnya. Marquez sendiri berada di peringkat ke-14 dengan raihan 60 poin, sedangkan Takaaki Nakagami di posisi 16 (45 poin), Pol Espargaro ke-17 (42 poin), dan Alex Marquez ke-18 (27 poin).

Pada pertengahan musim ini, tim pabrikan Honda juga berada di peringkat keenam pada klasemen pabrikan. Jika dilihat poinnya, tertinggal hingga 161 poin dari Ducati yang memimpin klasemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.