Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 19:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengungkapkan peminat masyarakat terhadap Omoda 5 yang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sangat positif.

Bahkan, dikatakan bahwa sudah ada yang berencana untuk menggarasikannya. Padahal perseroan baru akan meluncurkan produk tersebut pada tahun depan, mulai kuartal pertama 2023.

"Sedikitnya sudah ada lima konsumen selama GIIAS 2022 (11-19 Agustus 2022) yang mau menunggu walaupun kita informasikan bahwa Omoda 5 baru akan masuk ke Indonesia setahun lagi," kata President Director PT CSI Tao Yong di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Meluncur Oktober, Chery Tiggo 7 Pro Dilengkapi 4 Fitur Unggulan

Chery Omoda 5CHERYINTERNATIONAL.com Chery Omoda 5

Namun ia masih enggan menginformasikan apakah konsumen dimaksud sudah melakukan pre-booking atau belum. Yang pasti, crossover asal China yang juga akan diproduksi di dalam negeri dengan skema CKD itu sedang disiapkan.

Proses perakitannya sendiri, akan dilakukan di fasilitas milik Hyundai terdahulu, yakni PT Handal Indonesia Motor, Bekasi, Jawa Barat. Skemanya, kerja sama di mana ada pihak Chery yang memastikan produk sesuai kualitas perseroan.

"Omoda 5 akan hadir di Indonesia dalam dua step, yaitu pada kuartal pertama 2023 yang berbahan bakar minyak (internal combustion engine/ICE)," kata Tao.

"Kemudian sekitar Agustus-September tahun depan mulai dihadirkan varian electric vehicle (EV)-nya," lanjutnya.

Baca juga: Motor Listrik Mainan di GIIAS 2022 Diserbu Anak Kecil

Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022

Lebih jauh, berdasarkan tampilannya Omoda 5 sangat sporty sekaligus futuristik. Ini dapat jelas terlihat dari motif grill depan berbentuk kisi-kisi bintang yang terintegrasi dan pelek model sport berukuran 18 inci.

Fitur pencahayaan pun telah dilengkapi lampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan lampu belakang LED Dinamis X-Trough. Kemudian lekukan garis pada mobil juga terkesan fleksibel tetapi tegas, membuat kesan sportynya semakin menonjol.

Hanya saja memang bagi konsumen yang tak terbiasa akan merasa sedikit aneh pada tampangnya ini.

Pada bagian kabin, Omoda 5 hadir dengan teknologi terkini dengan tampilan visual yang estetis dan ergonomis. Hal ini tampak pada lampu ambient LED 64 warna yang terhubung dengan mode pengemudi dan irama musik.

Baca juga: Promo Roof Box di GIIAS 2022, Diskon Jutaan Rupiah

Kemudian, mobil juga sebagai satu-satunya tipe Chery yang memiliki teknologi terdeban yang dirancang untuk kebutuhan pengguna muda, seperti Automatic Driving.

Lalu fitur lainnya juga ada electronic power steering (EPS), sistem electronic parking (EPB) dan autohold, lane keeping system (LDP), traffic signal recognition system (TSR), adaptive cruise system (ACC), cruise assist tertingerasi, dan sistem lainnya.

Soal dapur pacu, Omoda 5 telah mengembangkan dua konfigurasi pada tenaga mesin, termasuk kombinasi daya 1.5T + CVT25 dan 1.6T + 7DCT yang bisa menghembuskan tenaga maksimum 145 KW dan torsi 290 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com