Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia, Apakah Sudah Lolos Uji Tipe?

Kompas.com - 19/08/2022, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Belakangan ini peluncuran sepeda motor listrik banyak dilakukan oleh merek-merek baru yang mencoba peruntungan di industri otomotif Tanah Air.

Ada yang berasal dari merek besar, tapi banyak juga berasal dari China, lalu di-rebranding menjadi merek lokal.

Fenomena ini begitu terasa dari berbagai motor listrik yang sporadis meluncur di Indonesia, umumnya punya kesamaan, mulai desain, teknologi, atau asal pabrik yang serupa.

Baca juga: Diskon Honda BR-V Tembus Rp 30 Juta, Daftar Diskon LSUV

Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.Foto: Minerva Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, mengatakan, setiap merek yang ingin memasarkan produknya wajib melakukan uji tipe.

Seperti diketahui, uji tipe ini wajib dilakukan sebagai syarat untuk mengeluarkan surat-surat sah kendaraan.

“Uji tipenya sama dengan yang lainnya, tapi kalau dikatakan mudah, enggak juga,” ujar Dewanto di ICE BSD City (18/8/2022).

Baca juga: Adu Bus Selonjoran SR3 Suites Class Vs Jetbus Dream Coach

“Ada beberapa yang tidak langsung lulus, mesti uji ulang lagi ada beberapa. Sehingga cukup lama dia mendapatkan hasil uji tipe,” kata dia.

Dewanto juga menampik anggapan bahwa Kemenhub memberikan kemudahan bagi merek-merek baru yang ingin berjualan di Indonesia.

“Jadi belum tentu semua, mungkin baru coba pasar, kalau oke dia baru uji tipe. (Kalau belum uji tipe) enggak bisa lah (dijual). Konsumen kasihan dia enggak bisa dapat STNK,” ucap Dewanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com