Kompas.com - 19/08/2022, 06:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memajang beragam model di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Tapi, untuk Land Cruiser 300 absen pada pameran ini.

Sebelumnya, Land Cruiser 300 sudah ditutup pemesanannya oleh pihak Toyota Motor Corporation (TMC) di Jepang. Produksi mobil ini terdampak juga dengan krisis cip semikonduktor.

Baca juga: Mulai Banyak yang Cari Mobil Hybrid Toyota

Kondisi ini juga berdampak pada Land Cruiser 300 di Indonesia. Padahal, mobil tersebut baru diluncurkan pada awal 2022.

Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS 2022Doc TAM Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS 2022

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, secara umum, pihaknya mengikuti prinsipal, karena di Jepang sendiri memang produksinya sudah sangat maksimal.

"Permintaannya juga sangat luar biasa tinggi, ditambah lagi memang tetap masih ada gangguan suku cadang, di semi konduktor," ujar Anton, kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).

"Jadi, memang kebanyakan diler Toyota untuk saat ini menganjurkan untuk tidak menerima SPK tambahan. Sebab, sekarang outstanding atau waktu tunggunya sudah cukup panjang," kata Anton.

Baca juga: Toyota Tanggapi Kemunculan Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

Anton menambahkan, konsumen masih ada juga yang tidak keberatan untuk tetap daftar, sekalipun harus menunggu lama. Tapi, pada ummumnya, Toyota menganjurkan pada konsumen untuk menunggu dulu, sampai nanti ada tambahan produksi lagi.

Toyota Land Cruiser 300 buatan Arctic TrucksCARSCOOPS.com Toyota Land Cruiser 300 buatan Arctic Trucks

"Kita biasa jualan Land Cruiser itu per tahun 75 unit, di model yang lama. Kita sudah jauh meningkatkan suplainya di atas 75 unit itu. Tapi, permintaannya meningkat jauh lebih tinggi. Mungkin, lima atau enam bulan pertama saja kita sudah dapat SPK antara 600 unit sampai 700 unit. Berarti, permintaannya melebihi dari model sebelumnya," ujarnya.

"Saya rasa bukan di Indonesia saja, tapi di negara lain juga demikian, itu yang terjadi," kata Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.