Kompas.com - 19/08/2022, 09:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ada motor listrik murah dengan harga di bawah Rp 10 juta. Motor itu ialah Exotic E-Bike yang masih satu grup dengan Pacific Bike.

Kompas.com yang penasaran kemudian mencoba Exotic Vito di area test ride GIIAS 2022. Sekadar merasakan sensasi salah satu motor ‏listrik termurah saat ini yang dijual seharga Rp 9,5 juta off the road.

Melihat desainnya Vito bergaya retro klasik dengan lampu utama sedikit bulat dan menyatu dengan tebeng depan. Bentuk depan ke belakang minimalis, adapun desain tepong sedikit meruncing di buritan.

Baca juga: BERITA FOTO: Sorento HEV, Niro EV, dan EV6 GT-Line Jadi Andalan Elektrifikasi Kia

Test ride Exotic Vito di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Test ride Exotic Vito di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Pertama kali duduk terasa motor ini dimensinya kecil. Pengendara Kompas.com dengan tinggi 168 cm dan berat 72 kg dapat dengan mudah memijak tanah. Posisi setang juga terasa kecil dan mudah digapai.

Posisi kaki sedikit menekuk karena luas dek terbatas. Begitu juga dengan jok yang mungil konsekuensi dari gaya retro klasik yang diusung. Bentuk sepatbor depan "agak" menutupi ban depan sedikit mengingatkan desain Viar Q1.

Harga murah tapi fitur standarnya sudah lumayan. Panel instrumen digital. Tersedia tiga pilihan mode berkendara.

Rasa berkendara

Vito dibekali motor listrik berdaya 1.000 watt. Rincian teknis kurang lengkap, di brosur hanya menampilkan daya motor listrik dan kecepatan tertinggi yang dapat diraih yaitu sekitar 25 Kpj, dan jarak tempuh 50 Km.

Baca juga: Suzuki Jamin Limbah Baterai Lithium-ion Ertiga Hybrid Diproses dengan Baik

Test ride Exotic Vito di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Test ride Exotic Vito di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Saat gas diputar terasa tenaga mengalir pelan. Motor berdaya 1.000 watt memang mudah dikendalikan. Bahkan jika langsung pakai mode 3 yang paling tinggi pun terasa eskalasi tenaga tetap halus tidak menyentak.

Saat baru jalan Kompas.com mencoba menggerakkan motor dengan zig-zag dan terasa motor lincah. Respons pengereman cukup baik meski seperti terasa "ngok" jika ditekan dalam dan cepat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.