Jika Baterai Rusak, Apakah Suzuki Ertiga Hybrid Masih Bisa Melaju?

Kompas.com - 19/08/2022, 07:12 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil hybrid salah satu alternatif untuk konsumen yang ingin mulai beralih ke kendaraan listrik. All New Ertiga Hybrid menjadi opsi dengan harga cukup kompetitif.

Berbeda dengan mobil listrik, hybrid tidak sepenuhnya bekerja dengan mengandalkan listrik saja. 

Ertiga versi hybrid bekerja dengan mengandalkan mesin bensin konvensional, digabungkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan lithium-ion baterai.

Baca juga: Suzuki Berikan Layanan Purna Jual untuk Pemilik Ertiga Smart Hybrid

Kemudian, saat baterai mengalami kerusakan, apakah mobil tersebut masih tetap bisa dipakai melaju seperti biasa?

Head of 4W Service Area PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Purnomo Adi menjelaskan bahwa mobil Ertiga Hybrid masih tetap melaju seperti biasa walaupun baterainya ada dalam keadaan rusak.

Ia menjelaskan, ada konsumen yang mungkin tidak rajib melakukan perawatan berkala sehingga mileagenya melebihi batas. Namun, ini tidak akan mempengaruhi kinerja mesin.

"Karena ISG (Integrated Starter Generator) maupun baterainya sendiri adalah alat tambahan. Seperti additional tools atau part sendiri," ucap Purnomo di ICE BSD, Kamis (18/8/2022).

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Ertiga Hybrid

Baca juga: Daftar Diskon Mobil Murah LCGC di GIIAS, Tembus Rp 10 Juta

Sementara itu, 4W Technical Service Head PT SIS Adhi Prasojo menjelaskan bahwa saat rusak, baterai lithium-ion tidak bisa dicharge ulang, namun diganti.

Namun konsumen tidak perlu khawatir, karena masa pakai baterai lithium-ion tersebut terbilang cukup lama.

"Lifetime baterai lithium-ion kita sudah diconfirm 5-10 tahun. Dan itu sangat kecil sekali (kemungkinan) mengalami kerusakan. Konsumen pun tidak perlu khawatir. Kita juga memberikan garansi sampai dengan 5 tahun ataupun 100.000 Km," ucap Adhi.

Kemudian selama masa garansi, baterai tersebut bisa diganti secara gratis oleh pihak Suzuki. Di luar garansi, harga baterai tersebut terbilang cukup tinggi, yaitu Rp 15 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.